GuidePedia

0

Muallaf adalah sebutan bagi mereka yang mengubah keyakinan sepenuhnya memeluk islam. Meski tak memeluk islam sejak lahir, ternyata tak sedikit dari kaum muallaf yang menjadi pejuang islam dan akhirnya memiliki pengaruh yang besar di dunia islam.

Berikut adalah 7 Mualaf Paling Berpengaruh di Dunia, seperti dikutip dari paling-unik.com.

1. Bilal Philips

Abu Amina Bilal Philips atau yang bernama asli dennis bradly Philips. Pria berdarah jamaika ini menghabiskan masa kecilnya di kanada. Kecintaannya terhadap muslim memberinnya kesempatan kepada pria berumur berusia lebih dari 60 tahun ini menjelajah ke berbagai Negara termasuk malasyia dan Indonesia pada tahun 1960an.

Di dua Negara berpenduduk mayoritas islam ini Philips mulai tertarik mempelajari islam dan memutuskan untuk mempelajari islam secara intensif. Pada tahun 1990an Philips bekerja di department agama arab Saudi. Kala itu perang teluk sedang berkecamuk. Saat tentara amerika serikat bermarkas disana, Philips terpilih untuk memberi materi seputar islam kepada mereka. Hasilnya sekitar 3000 serdadu amerika menjadi muallaf karenanya.

2. Daniel Strech

Daniel Strech adalah salah seorang anggota partai rakyat swiss atau SPD di Switzerland. Dia merupakan politikus terkenal karena sikapnya yang keras menentang pembangunan masjid di seluruh swiss. Daniel berusaha mengerti dan mempelajari al-quran dan ajaran ajaran islam dengan tujuan untuk melawan kaum muslim.

Ditengah usahanya ini Daniel mengakui kebenaran al-quran dan menjadi seorang muslim. Setelah menjadi muallaf, Daniel memfokuskan kegiatannya berpartisipasi dalam pembangunan partai demokrat baru. Gerakan ini memfokuskan diri dalam mentoleransi beragama, mempromosikan nilai nilai perdamaian dan kerjasama dalam kehidupan.

3. Suhaib Webb 

Pada usia 14 krisis keyakinan terjadi pada diri shuaib webb yang menjelma dari ketidak percayaan pada agama yang dipeluknya. Ia menjadi disc jockey hop dan menjadi produser lokal yang sukses dan melakukan rekaman bersama sejumlah artist. Namun ditengah kesuksesannya itu ia tak merasa bahagia dan akhirnya menemukan islam. Setelah menjadi muallaf suhaib webb meninggalkan karirnya dan mendalami ilmu ilmu islam.

Pria asal amerika ini juga kerap menjadi imam dan pemuka agama bagi komunitas komunitas di seluruh penjuru amerika. Selain itu, pria yang berprofesi sebagai dosen dan aktivitis itu pernah menggalang dana 200 juta rupiah untuk janda dan pemadam kebakaran yang tewas dalam serangan. Atas aksinya tersebut pada tahun 2010, royal Islamic study center memasukkan namanya kedalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia.

4. Ingrid Mattson

Islamic society of north amerika atau ISNA sepertinya tepat memilih Ingrid mattson sebagai orang nomor 1 sebagai pemimpin organisasi besar dan berpengaruh di amerika. Wanita kelahiran kanada 50 tahun silam ini sempat menjadi atheis sebagai orang yang tidak mempercayai tuhan. Namun ketika menimba ilmu di salah satu universitas di amerika dan memilih jurusan seni dan filsafat disitulah ia mengenal islam. Setelah menjadi muallaf tahun 1986, Ingrid pun langsung memutuskan menggunakan jilbab. Kemudian pada tahun 1987 ingrid memutuskan pergi ke Pakistan untuk menjadi relawan kemanusiaan.

Setelah mendapatkan gelar doctoral di universitas Chicago pada tahun 1999 ia terus aktif mendidik muslim kanada untuk menjadi partisipan aktif dalam masyarakat. Pada inagurasi barack Obama setelah ia menang dalam pemilu presiden amerika serikat, nama Ingrid mattson pun masuk kedalam daftar tokoh salah satu yang diundang.

5. Abdullah Takazawa

Nama aslinya adalah taqi takazawa. Secara penampilan ia tampak seperti anggota mafia jepang atau yakuza. Selama 20 tahun memang takazawa berprofesi sebagai penato anggota geng paling ditakuti di negeri matahari terbit itu. Namun sekarang takazawa menjadi satu dari 5 imam masjid besar di jepang.

Berkenalannya dengan islam berawal ketika takazawa melihat seorang kulit putih berjanggut di Syria. Orang berjanggut putih itu memberi selembar kertas dan menyuruhnya membaca kalimat yang tertera. Pertemuan dengan orang tersebut membekas di benak takazawa. Takazawa pun melaksanakan ibadah haji dan menimba ilmu beberapa bulan di mekkah.

6. Alexander Russell Web

Di akhir abad 19 dunia jurnalistik amerika mulai memasuki era baru. Pengaruh dunia tulis menulis sangat besar dan efektif dalam membentuk opini masyarakat. Salah seorang yang berperan dalam dunia tersebut adalah alexander russel webb. Awalnya alexander membuka diri dari berbagai agama dan merasakan ketertarikan terhadap islam.

Tahun 1893, ia mengundurkan diri dari sang diplomat amerika di filiphina. Di negeri paman sam inilah ia memulai dakwahnya tentang islam. Diawal abad 20 alexander semakin dikenal sebagai muslim yang giat dan loyal dalam mendakwahkan islam di amerika.

7. Malcolm X

Terlahir sebagai seorang kulit hitam, Malcolm X dimarginalkan karena masyarakat amerika masih sangat rasis saat itu. Karena kasus criminal yang dilakukannya selama 8 tahun Malcolm menjerat jeruji besi. Namun saat itulah ia mulai terpengaruh dengan pemikiran pemikiran Negara islam yang dibawa oleh salah satu kelompok yang menyimpang yaitu nation of islam. Setelah sempat menyetarakan hak hak kulit hitam dengan kulit putih, Malcolm kemudian melihat kekeliruan gerakan yang dipimpinnya itu lalu meninggalkannya.

Ketika Malcolm menunaikan ibadah haji pada 1964, ia menemukan hakikat islam. Ia pulang ke amerika kemudian mengajarkan nilai nilai islam ke masyarakat afrika amerika di lingkungannya. Pada 1965 malcolm dibunuh oleh anggota nation of islam, namun Malcolm X dianggap mempunyai pengaruh yang besar bagi perjuangan umat muslim di amerika dan bersamaan hak warga hitam yang termarjinalkan.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?