GuidePedia

0

Norilsk - Nurd Kamal Mosque, adalah masjid yang ada di Kota Norilsk, Rusia. Bukan bangunan atau sejarahnya yang membuat masjid ini spesial, melainkan karena lokasinya. Masjid ini dekat Kutub Utara dan suhu di sana bisa minus 50 derajat Celcius!

Jika sebelumnya Anda sudah tahu tentang The Midnight Sun Mosque di Kanada, maka Nurd Kamal Mosque tidak jauh berbeda. Keduanya disebut-sebut sebagai masjid yang ada di Bumi paling utara dan selalu tertutup salju. Hanya saja, Nurd Kamal Mosque cuacanya lebih dingin.

Situs berita Reuters pernah membahas tentang Nurd Kamal Mosque. Seperti yang ditengok detikTravel dari Reuters, Jumat (26/6/2015) masjid ini berlokasi di Kota Norilsk yang terkenal dengan cuaca yang ekstrem dingin.

Sebentar, nama Kota Norilsk mungkin terdengar asing dibanding Moskow atau St Petersburg. Jelas saja, Norilsk berada di bagian paling utara Rusia. Masuk dalam kawasan Krasnoyarsk Krai, di antara Sungai Yenisey dan semenanjung Taymyr. Norilsk pun bukan kota wisata.

Norilsk yang baru ditempati penduduk sekitar tahun 1930-an sebenarnya adalah kota tambang. Logam, menjadi hasil tambang yang melimpah di sana. Maka tak heran, banyak pabrik-pabrik yang menjulang tinggi.

Penduduk yang tinggal di sana mencapai 210.000 jiwa dan kebanyakan berprofesi sebagai pekerja tambang. Dari jumlah segitu, sekitar 50 ribu penduduknya memeluk agama Islam yang kebanyakan merupakan pendatang dari Azerbaijan, atau negara-negara Asia Tengah pecahan Uni Soviet.

Nah, satu-satunya masjid yang ada di sana adalah Nurd Kamal Mosque. Lokasinya ada di pinggiran kota yang menghadap Danau Dolgoye. Masjidnya, dibangun pada tahun 1998 oleh Mukhtad Bekmeyev yang berasal dari Suku Tartar

Masjid Nurd Kamal Mosque tampak dari jauh (Reuters)

Tampilan masjidnya yang serba berwarna hijau (Reuters)


Suhu di sana bisa mencapai minus 50 derajat Celcius (Reuters)



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?