GuidePedia

0

Seiring dengan populernya beragam jenis kopi dan teh, chai tea juga menjadi populer di banyak kafe di dunia. Minuman khas India dengan campuran rempah ini selain eksotik aroma dan rasanya juga punya khasiat untuk kesehatan. 

Teh ini berasal dari India yang kemudian menyebar ke berbagai benua termasuk Amerika. Awalnya, chai tea mempunyai nama masala chai yang artinya teh yang mengandung rempah. Disebut masala chai karena masala ialah rempah-rempah yang digunakan pada masakan India. Namun orang-orang lebih senang menyebutnya dengan chai tea, hingga akhirnya teh ini terkenal dengan sebutan chai tea di berbagai negara. 


Rempah-rempah yang digunakan tidak selalu sama di beberapa wilayah India. Namun yang paling sering digunakan, antara lain, kapulaga, kayumanis, jahe, cengkeh, dan lada. Bila mengonsumsi chai tubuh akan merasakan sensasi hangat dan menenangkan. Chai sendiri bisa menjadi minuman pencahar alami yang melancarkan pencernaan dan menyehatkan tubuh. 

Untuk membuat chai tea, pertama merebus semua rempah dengan air secukupnya. Saat merebus sebaiknya jangan membuka tutup panci sebelum airnya mendidih. Setelah itu masukkan daun teh hitam ke dalam rebusan rempah dan biarkan 4-5 menit. 

Masukkan susu segar dan biarkan beberapa menit. Saring dahulu agar rempah dan daun teh bisa terpisah dari airnya. Chai tea bisa dinikmati setiap hari saat pagi hari. Tradisi ini juga telah dilakukan banyak orang di beberapa negara Asia. Aroma rempahnya mampu melegakan pernafarasan dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Meminum chai juga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat India. Bahkan ketika banyak orang singgah ke India, mereka akan mencari minuman ini dan menjadikannya sebagai bagian dari pengalaman unik. Saat ini fenomena minum chai menjadi sesuatu yang lumrah dijumpai. Rasanya yang legit sedikit pedas membuat para peminum chai ketagihan. 



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?