GuidePedia

0


Dynastor darius 

Dynastor darius merupakan jenis ulat yang memiliki keterampilan menakjubkan dalam mempertahankan diri dari serangan predator. Pasalnya, ulat ini bisa menyamar jadi ular ketika memasuki fase pupa.

Untuk menghindar dari serangan predator selama tahap pupa-nya, ulat ini sering meniru kepala ular Gaboon vit piper. Meskipun tidak sepenuhnya mirip ular, tapi penyamarannya berhasil menipu banyak predator.

Ketika memasuki tahap pupa, kepompong ulat ini mulai membentuk kepala ular. Agar terlihat seperti ular sungguhan, ulat ini memilih tempat yang cocok agar predator tidak menyadari bahwa dia adalah seekor ulat.

Namun, ketika predator mendekat, pupa ulat ini dapat menggerakan dan mengayunkan cangkangnya berulang kali, sehingga tampak seperti seekor ular yang siap menerkam mangsanya.

"Penjelasannya mungkin bahwa predator itu sendiri berbalik dan melarikan diri setelah tiba-tiba bertatapan muka dengan 'ular' realistik, seperti halnya pupa dari Dynastor Darius ketika merasa terancam," tulis Annette Aiello dan Robert Silberglied dalam buku Life History of Dynastor Darius in Panama.

Hemeroplanes triptolemus merupakan salah satu jenis ulat lain yang mampu menyamar jadi ular mematikan agar terhindar dari serangan predator. 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top