GuidePedia

0

Gurun Atacama di Chili adalah gurun non-polar terkering di dunia. Beberapa bagiannya bahkan tidak pernah dituruni hujan dalam beberapa dekade terakhir. Namun siapa sangka, sebuah bir lezat dapat diproduksi dari tempat ini!

Seperti diberitakan Popular Science (13/06/15), di kota Pena Blanca terdapat salah satu pabrik bir terunik di dunia. Bagaimana tidak? Pabrik ini memproduksi bir yang terbuat dari air kabut yang ditangkap menggunakan jaring khusus. Bir yang dinamai Atrapaneblina ini diklaim memiliki rasa dan kualitas unik oleh pemiliknya.

Pada tahun 1950, seorang profesor fisika bernama Carlos Espinosa Arancibia mengujicoba jaring khusus untuk menangkap kabut. Jaring ini tersusun dari kotak-kotak kecil berukuran kurang dari 1 milimeter sehingga memungkinkan jaring menangkap tetesan air dari kabut.

Ketika tetesan demi tetesan terkumpul, maka dihasilkanlah air yang ditampung dalam sebuah wadah. Air ini begitu murni sehingga tidak membutuhkan proses apapun untuk dapat dikonsumsi.

Atrapaneblina yang dibuat dari air murni ini masih diproduksi terbatas. Tiap tahunnya produsen bir ini hanya mampu memproduksi 6.300 galon per tahun.

Tertarik mencicipinya? Bir Atrapaneblina yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Penangkap Kabut” dijual online dalam situs www.atrapaniebla.cl. Harga yang ditawarkan berkisar antara 1.000-1500 USD atau sekitar 13-20 juta rupiah per wadah berukuran 40 meter persegi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?