GuidePedia

0

Klapertart, pilihan utama warga Manado yang ingin berbuka puasa. 

MANADO - Lezatnya klapertart, kue khas Sulawesi Utara ini menjadikannya pilihan utama warga Manado yang ingin berbuka puasa.

Rasanya yang manis, dengan campuran utama kelapa muda, begitu nikmat disantap setelah seharian berpuasa.

Suasana jelang buka puasa di Kampung Jawa Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. 

Klapertart menjadi jajanan takjil yang dijual di Kampung Jawa Tondano (Jaton), Kabupaten Minahasa.

Ketika bulan Ramadan tiba, jajanan menu buka puasa menjamur di tempat ini. Mulai dari yang manis-manis sampai yang segar-segar. Jajanan takjil berjejer di jalan utama Kampung Jaton ini. Titik-titik teramai berada di dekat Masjid Agung Al-Falah Kyai Modjo.

Tiap tahunnya, kawasan mesjid ini selalu ramai dengan aktivitas warga menjalankan puasa. Selain klapertart, ada juga beberapa kue khas daerah dan panganan nusantara yang disajikan.

Selain jajanan, makanan berat berupa lauk pun tersedia di lapak-lapal pedagangan. Berbagai jenis ikan yang diwoku belanga, olahan khas Sulut, banyak tersedia.

Harga-harga yang disajikan sangat murah di kantong. Mulai dari Rp 2 ribu hingga belasan ribu.

Tak heran setiap tahunnya, kawasan jajanan ta'jil ini tak hanya ramai oleh warga muslim, tapi juga warga nasrani. Jajanan enak dan murah menjadi magnet besar bagi semua warga. Kawasan kuliner ramadan ini berjejer rapi di inggir jalan.

Tahun ini, lapak-lapak yang didirikan tampak seragam dengan atribut sponsor. Selain tempatnya nyaman, kebersihan makanan di kawasan ini juga dijamin.

Selain berjejer jajanan takjil, di kawasan ini pula, sering digelar kegiatan-kegiatan keagamaan yang bernuansa Ramadan.

Selain di kawasan Kampung Jawa Tondano, makanan takjil bisa juga ditemui di Kelurahan Wawalintouan Tondano, Kecamatan Tondano Barat.

Di sini juga berjejer takjil lezat yang tak kalah dengan yang di Kampung Jaton. Di Kampung Jaton ini, juga ada tradisi ramadan tiap tahunnya. Saat bulan puasa tiba, masyarakat sering bertukar takjil.

Tradisi ini terus dipelihara untuk mempererat tali kekeluargaan antar warga. Tak hanya muslim, non muslim juga. Kampung Jaton ini juga merupakan kampung yang sarat budaya Minahasa.

Untuk ke lokasi ini, butuh berkendara sekitar 90 menit dari pusat Kota Manado. Kampung Jawa Tondano ini terletak di pusat Kota Tondano, tepatnya Kecamatan Tondano Utara.

Di Kampung Jawa Tondano ada juga makam Kyai Modjo, pembawa muslim di tanah Minahasa. Dari ziarah ke makam, kuliner ta'jil khas daerah saat ramadan akan menemani perjalanan ke tempat ini.

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?