GuidePedia

0


TOKYO - Para mafia Jepang Yakuza tidak sedikit yang memasuki Indonesia dari Thailand. Setelah mendapat pengalaman kerja di Thailand atau negara di ASEAN lainnya, biasanya datang ke Indonesia untuk melakukan hal yang sama.

"Saat ini banyak anggota Yakuza yang datang ke Indonesia bukan hanya langsung dari Jepang tetapi juga datang dari Thailand. Negara itu menjadi base mereka, juga banyak beroperasi dari sekitar segi tiga emas dengan Kamboja, dan Myanmar. Di sana narkoba menjadi sumber uang mereka," kata sumberTribunnews.com, Selasa (28/4/2015).

Markas para anggota Yakuza Jepang yang diperkirakan mencapai sedikitnya ratusan orang di Thailand tersebut melakukan berbagai hal, mulai pemerasan (mikajimeryo), perdagangan narkoba, prostitusi, money laundering (pencucian uang) sampai kepada penjualan senjata api karena di Thailand agak mudah mendapatkan senjata api.

"Pemerasan dilakukan misalnya saat perpanjangan sewa rumah, owner rumah diminta agar melipatgandakan uang sewa dan selisihnya bagi dua dengan kalangan yakuza tersebut. Kalau bandel ya diancam dengan kekerasan, atau bahkan ditakuti dengan senjata api," ungkapnya.

Operasi mereka ke berbagai restoran, banyak ditemui di Thaniya Street yang berada di tengah Kota Bangkok.

Keberadaan para anggota yakuza ini juga seiring dengan banyaknya orang Jepang mencapai sedikitnya 40.000 warga Jepang di Thailand dengan berbagai bisnis dan investasi mereka di sana.

Pencucian uang juga dilakukan dengan uang palsu biasanya dari Korea Utara, lalu diedarkan di Thailand, dan bahkan sampai ke negara-negara ASEAN lain.

"Saya yakin masuk juga banyak uang palsu ke Indonesia untuk dilakukan pencucian. Bukan hanya oleh kalangan yakuza tetapi lewat perwakilan Korea Utara sendiri yang ada di Indonesia melakukan pencucian uang," lanjut sumber itu lagi.

Setelah uang dicuci di negara-negara ASEAN, uang asli diperolehnya dan dibawa masuk ke Jepang untuk diputarkan dalam bisnis atau sebagai setoran kepada Oyabun, kepala organisasi Yakuza di Jepang.

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?