GuidePedia

1


Bersepeda bisa dibilang merupakan jenis transportasi paling efisien yang pernah diciptakan manusia. Dibanding metode lainnya, ia paling murah sekaligus menyehatkan fisik pengguna. Banyak orang telah mengusung sepeda untuk rekreasi serta sarana bepergian. Para desainer juga terus mencoba menciptakan rancangan agar sepeda jadi lebih fleksibel dan ringkas.

Mungkin itulah mengapa sebuah startup asal Beijing menamai diri mereka Impossible Technology, dan mengenalkan sebuah produk bernama Impossible. Mereka mencoba menyuguhkan sesuatu yang sebelumnya kita pikir mustahil. Mereka ingin Impossible tak hanya sekedar menjadi sepeda lipat elektrik, namun juga dapat dimasukkan ke tas pengendara dengan mudah.

Melalui keputusan tersebut, tim Impossible Technology menyingkirkan rancangan lama dan membuat desain yang benar-benar baru. Impossible memanfaatkan frame melingkar, menghemat tempat ketika ia dilipat, serta memastikan distribusi beban tetap seimbang ke seluruh bingkai. Kursi dan handlebar(stang) ditempatkan sejajar supaya bobot di roda depan sama seperti di roda belakang.

Impossible menggunakan serat karbon sebagai material utamanya – agar ringan dan tahan lama. ‘Connecting box‘ di tengah-tengah frame dibuat dari baja karena ia adalah bagian yang paling diandalkan untuk menopang pengendara. Dalam model saat ini, Impossible bisa membawa beban maksimal 85 kilogram – mereka juga sedang mengembangkan model baru, mampu menopang hingga 120 kilogram.

Demi menghemat tempat, developer mengkombinasi fungsi sadel dengan tas case. Ketika dilipat, casemenjaga Impossible tetap bersih dan siap digunakan. Di dalamnya, sepeda unik ini menyimpan 10 buah baterai 2900mAh 10A 3,6 volt seberat 44,5 gram. Ia dapat melesat di 20 kilometer per jam selama 45 menit, atau hingga 25 kilometer pada kecepatan normal.

Developer mengaku, salah satu tantangan terbesar dalam membuat Impossible ialah memilih motor yang tepat untuk desain mereka. Akhirnya setelah melakukan uji coba dari motor biasa, tim memutuskan membuatnya sendiri. Satu hal paling menarik dari Impossible adalah ketiadaan bagian pedal. Anda tinggal mendorongnya dengan kaki, lalu motor akan mulai bekerja.

Berita baiknya, bahkan sebulan sebelum tanggal program penggalangan dana di situs crowdfunding Kickstarter kadaluarsa, Impossible Techlogies telah berhasil mengumpulkan uang beberapa kali lebih besar dari target stretch awal. Kabar buruknya, varian seharga CAD$ 430 (US$ 380) dan CAD$ 460 (US$ 406) sudah habis. Hanya tinggal menyisakan versi CAD$ 530 (US$ 470) saja.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?