GuidePedia

0

Perkembangan pemanfaatan prosesor dalam komputer yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini, di mana komputer kini tidak hanya berpusat pada CPU saja, diprediksi akan melahirkan beberapa inovasi menarik baru. Samsung, salah satu raksasa dunia elektronik, melalui divisi Memory Solutions Lab. mereka, ingin mencoba mengkreasikan SSD dengan kontroler yang bisa membantu menangani proses dari aplikasi. Kontroler seperti itu nantinya diharapkan bias membantu meringankan pekerjaan CPU dalam sebuah komputer.


Menurut pihak Samsung, ide tersebut akan banyak memberikan manfaat, terutama untuk komputer skala besar yang biasa digunakan oleh enterprise. Tempat pemrosesan yang lebih dekat dengan tempat menyimpan data dan aplikasi tentunya akan membuat proses dijalankan dengan lebih efisien. Namun, di samping latency delay yang lebih rendah, pihak Samsung masih belum bisa memberikan gambaran seberapa besar efisiensi yang bisa didapatkan dengan menggunakan metode ini. 

Walaupun optimis bisa memanfaatkan kontroler SSD untuk menjalankan proses, pihak Samsung telah mengidentifikasi satu masalah yang mungkin saja bisa menghambat riset untuk hal tersebut. Hal itu adalah perbedaan arsitektur antara kontroler SSD dengan CPU yang tentunya akan menjadi pusat proses utama dalam komputer. CPU yang digunakan di komputer saat ini umumnya menggunakan basis x86 dan itu berbeda jauh dari arsitektur kontroler SSD yang mana menggunakan basis yang berbeda antara satu produsen dengan produsen lain. 

Pihak Samsung sendiri belum bisa memberikan perkiraan kapan konsep ini bisa mulai diuji-coba atau bahkan diimplementasikan. Menurut mereka, untuk saat ini masih terlalu dini untuk bisa digunakan untuk memperkirakan hal tersebut. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?