GuidePedia

0


JAKARTA— Peneliti menemukan bahwa seseorang yang menikah lebih sehat dibandingkan seorang lajang atau yang hidup bersama tetapi tidak menikah (kumpul kebo). Seperti dilansir medicaldaily.com, peneliti menemukan perbedaan kesehatan antara pria yang menikah, dengan yang kumpul kebo. Berdasarkan hasil penelitian, pria yang telah menikah cenderung lebih sering memeriksa kesehatannya dibanding pria lajang.

Kesimpulan ini didukung oleh laporan dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang menggarisbawahi bahwa pria menikah cenderung lebih sering ke dokter dalam 12 bulan terakhir dibanding pria lajang.

Berkunjung ke dokter ini, menurut peneliti, adalah untuk mencegah penyakit, dan kunjungan ke dokter itu antara lain disebabkan adanya perhatian dari pasangan (istri) terhadap kesehatan suaminya.
Dalam hal ini, peneliti menemukan bahwa istri cenderung mengingatkan suami untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang cenderung dilupakan suami.

Pada pria yang hidup bersama dengan pasangannya tapi tak menikah, berdasarkan penelitian itu, pasangan (teman wanita) kurang memperhatikan kesehatan pria pasangannya.

“Ketika pria mengakses pelayanan kesehatan, istri kemungkinan berperan dalam pemeliharaan kesehatan dengan secara langsung mendorong suaminya mencegah penyakit, dan secara tak langsung membangkitkan tanggung jawab suami akan ekonomi dan sosial keluarga,” tulis peneliti dalam laporannya.

“Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pasangan kumpul kebo tak melakukan peran yang sama, yakni mempromosikan kesehatan.”

Bahkan, para peneliti menemukan bahwa orang yang hidup bersama - dan belum menikah- memiliki hasil yang berlawanan: kurang menjaga kesehatan dan kurang menghadiri pemeriksaan kesehatan rutin.

Para peneliti menggunakan data tahun 2011-2012 National Health Interview Survey (NHIS), dan menganalisis pria berusia 18-64 tahun. Kemudian, membandingkan mereka yang menikah dengan orang-orang yang hidup dengan pasangan, serta pria tidak menikah (orang yang hidup sendirian).

Ketika seorang pria menikah datang ke klinik untuk melakukan pencegahan penyakit, seperti pemeriksaan diabetes dan darah, maka pria menikah lebih mungkin untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan dibanding pria yang kumpul kebo, dan pria yang hidup sendirian.  

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top