GuidePedia

0
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20140416_233828_ujian-nasional-di-smk-bandung-selatan.jpg
Jakarta:Jilan Zahra Jauhara, peraih nilai Ujian Nasional SMP tertinggi tahun ini mengaku tak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi UN. Siswi SMP 99 Jakarta ini melakukan persiapan seperti anak-anak sekolah pada umumnya.

"Dapat pendalaman materi dari sekolah, ikut bimbel (bimbingan belajar) dan ngerjain soal-soal latihan," kata Jilan kepada Tempo, Sabtu, 14 Juni 2014. 

Yang terpenting bagi Jilan adalah belajar tidak boleh dalam kondisi tertekan. "Jangan terlalu maksain diri, justru nanti tidak masuk materinya," kata dia. Karenanya, Jilan tak pernah memaksakan diri untuk belajar ketika dirinya sudah tidak mampu lagi. "Ya seenak dan sekuatnya saja."

Meski demikian, Jilan mengatakan, dirinya selalu berupaya agar setiap harinya bisa membaca buku untuk menambah pengetahuan. "Belajar juga paling tidak sehari sekali," kata dia.

Jilan pun tak pernah malu bertanya kepada gurunya jika ada materi yang tidak dimengerti. "Memang, guru kan ada buat kita tanya."

Teman sekolah Jilan, Farhan, siswa SMP 99 Jakarta, mengatakan prestasi Jilan telah nampak sejak bangku sekolah dasar. "Waktu SD dia akselerasi," kata Farhan

Jilan mendapatkan nilai hampir sempurna. Di tiga mata pelajaran yang diujikan, dia mendapat nilai 10, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Hanya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dia mendapat nilai 9,75.
 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top