GuidePedia


  • detail berita

Nama motor Vincent 998cc Black Shadow mungkin terdengar asing di telinga. Tapi, siapa sangka kalau motor itu adalah legenda yang diburu kolektor dunia. Motor vintage yang pernah menjadi tercepat di dunia ini terjual dengan harga fantastis, 113.500 pound sterling .

Penawaran tersebut terjadi dalam sebuah lelang yang diselenggarakan Bonhams di International Classic MotorCycle Show, di Staffordshire County, Inggris, pekan lalu.

Diketahui, pemecahan rekor dunia itu dilakukan di Montlhery, Prancis, Mei 1952. Dalam durasi enam jam, kecepatan tertinggi mencapai 161 km/jam tercepat pada era tersebut. Motor buatan tahun 1952 itu bermesin klasik dari era keemasan penguasaan Inggris di dunia sepeda motor.

Vincent adalah pabrikan kecil di Inggris, namun cukup dikenal pada masanya. Tapi, kepopuleran produknya mulai tergesar pada 1970-an, setelah muncul motor-motor Jepang dengan kecepatan produksi lebih tinggi.

Motor Vincent 998cc Black Shadow pertama kali dibeli oleh pemilik toko motor George Petch, warga Grimsby, Lincolnshire, Inggris pada 1970. Motor itu dikendarai beberapa tahun hingga akhirnya dipereteli untuk direstorasi.

Vincent Black Shadow 1952 yang dilelang memiliki nomor rangka RC/10656B dengan nomor mesin F10AB/1B/8756. Motor berkapasitas 998cc itu juga tergolong memiliki inovasi desain dan teknologi permesinan yang hebat di masanya.

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top