GuidePedia

Sebuah berlian biru langka berhasil ditemukan di sebuah tambang di Afrika Selatan.

Batu sebesar 25,5 karat tersebut ditemukan Petra Diamonds di tambang Cullinan dan diperkirakan akan memberi keuntungan besar bagi perusahaan perhiasan tersebut.

Berlian biru ini diperkirakan senilai lebih dari US$10 juta atau sekitar Rp97,1 miliar dan penemuan ini juga mendorong harga saham Petra.

Temuan serupa dalam beberapa tahun dari tambang Cullinan telah menaikkan harga dan Petra, dengan operasi di Botswana dan Tanzania, Petra mengharapkan bunga yang tinggi dari para pembeli.

"Ini sangat tidak biasa untuk sebuah berlian dengan kualitas dan ukuran ini masuk ke pasar,'' kata juru bicara perusahaan Cathy Malins.
Penghasil berlian biru

Tambang Cullinan, terletak di timur laut Pretoria Afsel, selama ini dikenal sebagai tambang penghasil ratusan batuan berharga terutama berlian biru.

Sebelumnya berlian kasar sebesar 26,6 karat yang ditemukan di tempat yang sama pada Mei 2009 dipotong menjadi batu yang mendekati sempurna dan terjual dengan harga sedikit di bawah US$10 juta di lelang Sotheby's.

Berlian itu diberi nama ''Star of Josephine" oleh pemilik barunya.

Berlian biru lainnya yang ditemukan di Cullinan terjual dalam lelang dengan harga US$10,8 juta tahun lalu dan memecahkan rekor dunia untuk nilai per karat.

Tahun 1905, berlian biru ''Star of Africa'' - berlian potong terbesar kedua di dunia - juga ditemukan di tambang Cullinan.

Berlian dengan bentuk buah pir sebesar 530 karat tersebut menjadi hadiah untuk Raja Edward VII dan menjadi koleksi permata mahkota Inggris.


Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top