GuidePedia




Ini adalah topi pelukis, atau sering juga disebut topi pet. Ada juga yang bilang ini dengan istilah "Topi Sutradara". Sejarahnya topi ini cukup panjang gan.

Topi yang memiliki lipatan kecil di bagian depannya ini dulu dipakai dalam kondisi santai, terutama oleh kelas pekerja. Pada tahun 1571, Parlemen Inggris mewajibkan semua laki-laki diatas usia enam tahun, kecuali kaum bangsawan dan pendeta, menganakan topi ini pada hari suci umat Kristen atau Hari Minggu.

Meski hukum itu sudah dihapuskan pada tahun 1597, banyak kalangan masih menggunakan topi pet. Secara fungsional, topi ini memberikan keteduhan dan secara estetis sesuai dengan cara pria berpakaian pada waktu itu. Stereotip bahwa topi pet adalah topi pekerja pun memudar. Topi pet juga digunakan kalangan atas untuk menggambarkan gaya kasual.

Beberapa waktu setelah imigran asal Eropa menetap di Amerika Serikat, topi pet ini menjadi fesyen. Pada abad ke-20 dan ke-21, topi pet dijadikan salah satu gaya berpakaian perempuan kelas atas, penyanyi hip-hop, atau pria kerah biru. Desainnya yang sederhana dan unik membuat banyak orang tertarik menggunakan topi ini.

Kini topi pet populer di seluruh dunia. Topi pet kadang diasosiasikan dengan orang yang tua, terutama di negara Korea Selatan. Di beberapa kalangan, topi ini justru identik dengan kaum muda, misalnya di kota Boston, Amerika Serikat, yang memiliki populasi orang Irlandia-Amerika yang besar. Topi ini juga jamak dipakai pria dan wanita dalam rentang umur yang bervariasi di San Francisco.

#Dikutip dari berbagai sumber#
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !
Follow @wisbenbae

Beli yuk ?

 
Top