GuidePedia

0
Candi Jolotundo

Ini dia salah satu tempat wisata yang patut Anda kunjungi saat ke , Candi Jolotundo. Tidak sulit rasanya untuk menemukan candi ini karena berada tidak jauh dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Selolima. Dalam perjalanan menuju ke Candi Jolotundo saya sudah disuguhi berbagai pemandangan menarik. Lokasi Candi Jolotundo yang berada di lereng Gunung Penanggungan menjadikan suasananya cukup sejuk.

Tidak perlu membayar mahal untuk masuk ke Candi Jolotundo, saya cukup membayar 5.000 rupiah saja untuk satu orang. Candi Jolotundo juga dikenal dengan sebutan Petirtaan Jolotundo. Kenapa? Karena bangunan candi berupa petirtaan yang dibuat pada masa Airlangga dengan batuan andesit yang halus.

Candi Jolotundo

Dalamnya air pada Petirtaan Jolotundo hanya beberapa centi meter saja, namun terdapat banyak sekali jenis ikan yang terdapat disana seperti layaknya sebuah kolam. Banyak pengunjung yang datang ke Candi Jolotundo untuk mandi. Mitosnya sih bisa bikin awet muda. Ada yang udah pernah coba? Selain mandi, ada juga pengunjung yang mengambil air. Tidak tanggung-tanggung, ngambilnya dengan membawa beberapa galon ukuran 19 liter. Niat banget yak.

Candi Jolotundo memiliki dua tingkatan kolam. Tingkat pertama adalah kolam yang banyak ikannya tadi. Lalu tingkat kedua terdapat kolam kecil di bagian tengah, kolam untuk mandi wanita di sebelah kiri, dan kolam untuk mandi pria di sebelah kanan. Walaupun pada kolam tingkat pertama banyak ikannya, namun jangan coba-coba untuk mengambil dan membawa pulang ikan-ikan ini. Pengunjung memang dilarang untuk mengambil ikan. Katanya ikan-ikan tersebut adalah para dayang. Hmm.. I believe when I see it..

Candi Jolotundo

Tidak jauh dari lokasi candi terdapat juga pendopo yang bisa digunakan untuk bersantai. Suasana yang rimbun dan sejuk memang menjadi ciri khas Candi Jolotundo. Menurut informasi, Candi Jolotundo hanyalah salah satu dari banyak candi yang tersebar di Gunung Penanggungan. Namun Candi Jolotundo merupakan candi yang terbesar diantara candi-candi lainnya. Sayang saya belum berkesempatan untuk ke candi-candi yang lain. Mungkin di lain waktu saya bisa mengeksplor seluruh candi yang ada di Gunung Penanggungan.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top