GuidePedia

Haqqul yakin gak akan ripos beritana.. dan walopun isinya bis.. tapi ini bukan bis biasa.. :D

================================================== =========





ANACONDA, merupakan nama yang diberikan kepada Armada terbaru milik Korps Brimob Kepolisian Republik Indonesia. Secara Harfiah Anaconda Berarti ular Besar yang penuh kekuatan yang hidup dikawasan Amerika Selatan, nama tersebut dibubuhkan pada kendaraan khusus berbasis bus yang difungsikan untuk mobilitas pasukan.





Secara umum gambaran kendaran ini adalah Bus pengangkut pasukan berkapasitas 30 tempat duduk sesuai dengan kapasitas satu Kompi pasukan dengan konfigurasi tepat duduk 2-2, dengan segala fasilitas pendukung baik elektronik maupun non elektronik dengan berbasis Mercedes-Benz seri (MB OH-1526 EURO 3). Dilihat dari sisi Eksterior memang sekilas tampak seperti Bus pada umumnya dengan model yang sedang tren saat ini yakni model New Travego pada sisi samping serta paduan lampu depan dan belakang model Ankai (New Marcopolo) dari China. Desain Struktur bagasi samping sedikit berbeda dari Bus biasa produksi Karoseri New Armada, yakni disesuaikan dengan keperluan untuk penyimpanan Tameng juga ransel milik pasukan.

Adapun peralatan tambahan adalah :
Lampu strobo pada sisi atas kaca depan
Lampu penerangan tambahan pada bumper dan atas bagian depan dan buritan bus
Sirine dengan kekuatan besar pada sisi depan
Surveilance Camera pada buritan belakang bus
Electronic Back Mirror
Water Springkle pada 4 fender ban, juga dalam bumper dan kap mesin belakang. Untuk pemadaman api dalam melibas barikade dari benda-benda yang di bakar.



Pada Sisi Interior, sangat terlihat perbedaan mencolok saat pertama memasuki kabin. Disambut dengan pintu hidrolis, seakan menambah kesan canggih pada bus ini. Di kabin kemudi terpasang peralatan canggih seperti GPS (Global Positioning System), Digital Map dan Televisi untuk Surveilance Camera. Lanjut di kabin penumpang terlihat sangat-sangat menarik dan sangat canggih serta unik. Dibatasi oleh sekat antara kabin kemudi dengan penumpang memberikan privasi tersendiri pada konsentrasi pasukan.





Fasilitas-fasilitas lain yang di terapkan pada bus ini sangat unik juga sesuai dengan keperluan tugas pasukan. Mulai dari sisi belakang :
Terdapat dua toilet yang berbeda, urinoir dan flushed toilet serta ruang merokok yang mengapit.
Dispenser Air minum dengan sistem pemurnian.
Tombol switch pengganti suplai energi.
Rak senjata
Tempat duduk (recleaning seat) berkonfigurasi 2-2 dengan tambahan jack listrik dan drink holder di setiap baris bangku.
Bagasi atas model pesawat udara dengan penutup bagasi.
Entertainment dengan peralatan dan sistem audio visual canggih :
tiga televisi kecil di setiap sisi kanan dan kiri diantara louver AC,
dua televisi utama di plafond bus,
projector dan layar roll besar di sisi sekat.



Adapun perlengkapan tambahan yang di terapkan pada Bus ini adalah tangki air bersih berkapasitas 500 Liter dan juga Tangki air minum serta tambahan generator set untuk cadangan suplai energi saat bus ini dignakan dalam posisi siaga / stand-by.

Secara keseluruhan dengan melihat spesfikasi khusus dan segala fasilitas dan peralatan pendukung baik di dalam maupun sisi luar bus, Bus ini adalah Bus yang tepat dan sangat layak untuk mobilitas Korps Brimob Kepilisian Republik Indonesia dalam mengemban tugas menjaga stabilitas keamanan Negara dan Ibu Kota Jakarta pada khususnya.

photo credit by : Pande_Junkers7
================================================== =========

Tapi dari sekian kemewahan dan keelokan yang ditampilkan.. bis ini minim protektor.. padahal tugas utamanya adalah untuk angkut pasukan..

Beli yuk ?