GuidePedia

0
Menelusuri Pantai-Pantai Eksotis Di Gunung Kidul

Jalan-jalan saat libur lebaran di Jogja masih berlanjut. Hari kedua lebaran adalah waktunya untuk ke salah satu kabupaten di wilayah DIY yaitu Gunung Kidul dengan ibukota Wonosari. Di Gunung Kidul memang terkenal banyak sekali pantai-pantai indah yang masih bersih dan alami dengan pasir berwarna putih kekuning-kuningan. Jumlahnya tidak main-main, ada puluhan pantai dalam satu garis. Anda tidak akan bisa mengunjungi semua pantai dalam waktu satu hari.

Untuk ke Gunung Kidul, jika Anda dari Jakarta ataupun kota lainnya langsung saja naik berbagai macam angkutan umum yang tersedia untuk menuju ke Jogja dengan pesawat, kereta, ataupun bus. Setelah itu silahkan menuju ke Terminal Giwangan untuk mencari bus yang akan mengantar Anda ke Wonosari. Cukup banyak kok bus tujuan Jogja-Wonosari. Tapi cara terbaik untuk mencapai pantai-pantai di Gunung Kidul adalah dengan naik kendaraan pribadi, bisa menyewa motor atau mobil saat Anda tiba di Kota Jogja. Untuk tempat sewa motor bisa ditemukan di sekitar Jalan Pasar Kembang dekat dengan Stasiun Tugu, sedangkan tempat sewa mobil banyak sekali di Jogja. Sewa motor juga bisa didapatkan di sekitar Terminal Wonosari.

Mengapa saya merekomendasikan untuk membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke pntai-pantai di Gunung Kidul? Yang pasti alasannya karena sulitnya akses angkutan umum untuk menuju ke pantai-pantai tersebut. Mungkin kalau tujuan Anda hanya ke Pantai Baron memang terdapat lebih banyak angkutan umum yang bisa mengantar Anda, tapi jika ke pantai-pantai lainnya saya rasa tidak ada. Paling hanya ada satu atau dua angkutan dari Kota Wonosari sampai dengan desa terdekat dengan pantai yang jadwalnya tidak menentu. Anda akan menghabiskan banyak waktu jika menunggu angkutan tersebut. Karena itulah dengan repot-repot saya rela bawa motor butut saya dari Surabaya ke Jogja. Hehehe..

Nah untuk jalur menuju Gunung Kidul terdapat dua alternatif. Alternatif yang pertama adalah melalui Jalan Wonosari dengan melewati Patuk. Karena daerah Gunung Kidul merupakan pegunungan batu kapur, pastinya jalannya akan naik turun dan berliku. Tapi tenang saja, jalanan untuk rute ini cukup bagus dan lebar kok. Alternatif kedua adalah dengan lewat Imogiri melalui jalur Panggang dan Saptosari. Jalanan pada alternatif kedua ini sama-sama naik turun, berliku, serta lebih kecil dan sepi. Tapi pemandangannya luar biasa bagus kalau lewat jalan ini. Buat Anda yang belum tau sebaiknya menggunakan alternatif yang pertama karena petunjuk arahnya lebih banyak dan yang pasti lebih ramai.

Sekarang kemas-kemas yuk, bersiap berangkat menuju pantai-pantai eksotis di Gunung Kidul. Jangan lupa siapkan GPS konvensional (tanya sana-sini) biar nggak nyasar. :D

Ngobrol tentang Pantai2 Gunungkidul di sini yuk !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top