GuidePedia

0


TEPAT pada tanggal 6 Februari, 92 tahun silam, lahir seorang sastrawan yang berpengaruh pada perkembangan sastra di Indonesia, ialah Pramoedya Ananta Toer. Pram, sapaan akrabnya, kerap melakukan kritik kepada penguasa melalui tulisan, yang mengantarkannya keluar masuk tahanan. 

Pram telah melahirkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam 41 bahasa asing. Pram kerap menyebut karyanya sebagai anak.

Pada 31 April 2006 lalu, Pram berpulang, akibat komplikasi diabetes serta penyakit jantung. Namun, hingga kini karyanya masih terus berdentum dalam ingatan pembaca. Berikut 5 kutipan paling dikenal dari Pramoedya Ananta Toer:

“Dengan ilmu pengetahuan modern, binatang buas akan menjadi lebih buas, dan manusia keji akan semakin keji. Tapi jangan dilupakan, dengan ilmu-pengetahuan modern binatang-binatang yang sebuas-buasnya juga bisa ditundukkan” 
“Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai” 
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” 
“Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai” 
“Seorang terpelajar harus juga belajar berlaku adil sudah sejak dalam pikiran, apalagi perbuatan”.

Sumber


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top