GuidePedia

0
Wisbenbae.blogspot.com, Bandar LAMPUNG – Raksasa otomotif Jepang, seperti Honda dan Toyota punya cerita masing-masing seputar sejarah berdirinya, termasuk mobil paling pertama yang pernah mereka produksi. Penasaran seperti apa bentuknya?

Dihimpun Solopos.com dari laman Wikipedia dan pelbagai sumber lain, Sabtu (23/4/2016), berikut ini adalah deretan mobil-mobil pertama yang diciptakan Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi.

Mitsubishi Model A – 1917
Mungkin tidak banyak yang menyangka jika Mitsubishi merupakan pabrikan tertua di Jepang. Pada 1917, selain membuat pesawat dan kapal untuk Perang Dunia, Mitsubishi juga menciptakan mobil pertamanya yang diberi nama Model A.

Mitsubishi Model A 1917. (Wheelsage.org)

Meski bentuknya sangat kuno dan masih mirip kereta kuda pada zaman itu, Model A termasuk kategori sedan empat pintu. Mobil bermesin 2.765 cc itu diproduksi sebanyak 22 unit di Kobe, Jepang.

Toyota A1 – 1935
Berselang 18 tahun dari kelahiran Mitsubishi Model A, atau pada 1935, Toyota meluncurkan mobil perdananya yang diberi nama A1. Sama-sama berjenis sedan, namun desain Toyota A1 lebih modern dan mirip kebanyakan desain mobil eropa pada masa itu.


Toyota A1. (Toyota-global.com)

Tetapi mobil bermesin 3.400 cc itu masih sebatas prototipe dan hanya diproduksi sebanyak tiga unit. Masih di tahun yang sama, mobil itu mendapat penyempurnaan dan namanya berubah menjadi Toyota AA dan Toyota AB Cabriolet untuk versi atap terbuka.

Daihatsu HA – 1937
Tidak jauh dari tahun kemunculan Toyota A1, Daihatsu juga meluncurkan kendaraan bermotor perdananya yang diberi nama HA Model. Tetapi bentuknya bukan mobil, melainkan kendaraan angkut roda tiga dengan bak terbuka di belakang alias bemo.


Daihatsu Bee. (Flickriver.org)

Kemudian pada 1937, HA Model disempurnakan menjadi Daihatsu Bee. Uniknya, meski sudah berbentuk selayaknya mobil mewah pada eranya serta bisa memuat empat orang, konfigurasi tiga roda tetap dipertahankan.

Suzuki Suzulight – 1955
Setelah setengah abad berkutat di dunia sepeda motor, Suzuki memutuskan terjun ke industri mobil pada 1955. Produk andalannya adalah hatchback Suzulight, bentuknya terinspirasi mobil Mini Cooper namun dengan grille ala BMW.


Suzuki Suzulight 1955. (Carstyling.ru)

Untuk ukuran pemain baru, Suzuki terbilang sukses saat itu. Saking larisnya Suzulight, dihadirkan pula tipe SS berbentuk sedan, tipe SL berbentuk van, dan tipe SP yang menjadi varian pikap.

Honda T360 – 1963
Mengikuti langkah Suzuki, Honda juga terjun ke bisnis mobil dari yang semula hanya fokus di kendaraan roda dua. Mobil perdananya berbentuk pikap mungil yang diberi nama Honda T360.


Honda T360 1963. (Pinterest.com)

Meski hanya dibekali mesin 356 cc, mobil yang meluncur perdana 1963 silam itu dapat dengan mudah berlari hingga 100 km/jam berkat bobotnya yang ringan.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?