GuidePedia

0


Bintang.com, Jakarta Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71! Disaat seperti ini sudahlah sepantasnya kita tidak hanya membahas soal perlombaan 17-an, atau bahkan libur tanggal merah, yuk kita tanyakan kepada diri kita sendiri, apa yang telah kita buat untuk negeri kita tercinta ini.

Sambil berpikir, berikut ini Bintang.com telah menyusun daftar perempuan Indonesia yang sangat menginspirasi. Tidak hanya dalam bidang ekonomi, atau kesenian, wanita-wanita Indonesia juga tangguh dalam berbagai bidang. Nggak percaya? Di bawah ini adalah daftarnya.


1. Sri Mulyani: Perempuan yang baru diangkat Presiden Jokowi menjadi Menteri Keuangan ini sudah beberapa kali masuk dalam jajaran perempuan paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Dalam daftar tersebut perempuan yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menduduki peringkat ke-37.


2. Nicoline Patricia Malina: Perempuan cantik yang satu ini dikenal sebagai fotografer asal Indonesia yang mendunia. Hasil jepretan Nicole telah diterbitkan oleh berbagai media asing, tak hanya itu di tahun 2007 lalu Nicole berhasil menjuarai Iconique Societas Exellence in Photography Award 2007.


3. Anne Avantie: Bisa dibilang Anne Avantie adalah desainer veteran yang setia dengan kebaya tradisonalnya. Berkat tangan dingin Anne kini kebaya bisa diterima oleh semua kalangan. Anne membuktikan bahwa kebaya tradisional dengan sentuhan modis dan trendi tidak hanya dapat dikenakan oleh orangtua, tetapi juga anak muda.


4. Sri Fatmawati: Perempuan asal Sampang ini berhasil memperoleh beasiswa International Fellowships L’Oreal-UNESCO For Women In Science pada tahun 2013 karena telah berhasil menemukan potensi dari senyawa kimia dalam spons laut yang dapat dimanfaatkan untuk obat penyembuh beberapa penyakit, salah satunya kanker.


5. Butet Manurung: Adalah perempuan yang menyerahkan seluruh hidupnya untuk pendidikan anak-anak di pedalaman. Karena kepeduliannya tersebut perempuan yang satu ini membuat bangga Indonesia lantaran dirinya pernah menerima penghargaan sebagai salah satu Pahlawan Asia dari Majalah Time di tahun 2004.


6. Rini Sugianto: Kamu kenal nggak sama perempuan yang satu ini? Rini adalah salah satu animator asal Indonesia yang sempat terlibat dalam proyek beberapa film Box Office Amerika. Rini pernah bergabung dalam proyek Hobbit 2: The Desolation of Smug, The Adventures of Tintin, The Avengers, Iron Man 3, Hunger Games: Catching Fire, dan The Dawn of the Planet of the Apes.


7. Maria Tri Sulistyani: Pernah dengar soal Papermoon Puppet Theatre atau boneka Papermoon yang sudah mendunia? Maria Tris Sulistyani adalah perempuan yang mendirikan pertunjukan tersebut sejak 2006. Tidak hanya Indonesia Maria telah membawa boneka Papermoon keliling dunia, seperti Malaysia, Singapura, India, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.


8. Liliyana Natsir: Perempuan yang satu ini tentu saja harus ada dalam daftar perempuan Indonesia yang menginspirasi. Pebulutangkis yang akrab disapa Butet ini berhasil mengantongi berbagai 18 gelar juara dan 16 gelar runner-up Super series.


9. Irma Hardjakusumah: Inilah desiner interior asal Indonesia yang berhasil mendesain Governors Ball, pesta yang dilakukan setelah pembagian Piala Oscar. Bukan Cuma sekali perempuan yang merupakan alumni Universitas Indonesia ini sudah tiga kali berturut-turut mendesain Governors Ball.


10. Tri Rismaharini: Inilah Wali Kota asal Indonesia yang kerja kerasnya sudah diakui oleh dunia. Risma telah dinobatkan sebagai wali kota terbaik ke-3 di dunia oleh World Mayor yang merupakan organisasi nonprofit untuk mendorong terciptanya pemerintahan yang baik. Ia juga pernah masuk nomisasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes.


11. Susi Pudjiastuti: Sebelum menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti terlebih dulu dikenal sebagai pengusaha sukses. Ia memiliki maskapai penerbangan bernama PT. ASI Pudjiastuti Aviation. Di tahun 2005 Susi juga pernah mendapatkan penghargaan Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia. Di tahun 2011 ia juga sempat mendapatkan penghargaan dari APEC.


12. Michelle Wibowo: Nama koki asal Semarang ini mendadak menjadi perbincangan lantaran dirinya ternyata adalah yang membuat kue pengantin untuk pernikahan Pangeran William dank ate Midlleton. Sebelum merancang kue untuk pernikahan Pangeran William Michelle lebih dulu memenangkan kompetisi Ideal Home Cake Decorator of the Year di London, Inggris.


13. Dian Pelangi: Perempuan ini dikenal sebagai salah satu pelopor desainer hijab di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia rancangannya juga sudah dipamerkan di London Fashion Week, dan di New York.


14. NH Dini: Pemilik nama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin ini merupakan penulis feminis Indonesia yang karyanya sudah terkenal ke seluruh dunia. Ya, puluhan buku perempuan kelahiran Semarang, 29 Februari 1936 ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing.


15. Lianna Gunawan: Sepatu batik yang diberi nama La Spina oleh Lianna nyatanya membawa dia pada kesuksesan. Sepatu dengan nuansa etnik khas Indonesia itu tidak hanya dijual di Indonesia, tetapi juga telah merambah hingga ke luar negeri. Atas keberhasilannya Lianna sempat menjadi pemenang dari Asia, yakni Cartier Women’s Innitiative Awards.


16. Martha Tilaar: Pebisnis perempuan kelahiran 4 September 1937 ini sukses menjadi pengusaha kosmetika dan jamu, Martina berto atau Sariayu. Karena keberhasilannya membangun perusahaan dengan memenuhi Global Compact Etika ia berhasil mendapatkan penghargaan dari Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon.


17. Evvy Kartini: Dokter rer. Nat. (rerum naturalium) ini dikenal sebagai salah satu dari 10 ahli nuklir yang ada di dunia. Nama Evvy memang sudah mendunia, ia diketahui sebagai penemu penghantar listrik berbahan gelas. Meskipun bidang yang ia pilih masih sangat asing di Indonesia, namun kehadiran Evvy telah banyak menginspirasi anak-anak muda di Indonesia. 




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?