GuidePedia

0



Wisbenbae.blogspot.com – Dirgahayu Indonesia Ternyata diantara kita masih banyak yang salah dalam menuliskan kata Dirgahayu untuk kemerdekaan Indonesia, kebanyakan orang akan menuliskan “Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) atau dengan tulisan HUT Kemerdekaan RI. Akan tetapi ternyata yang paling benar dalam penulisannya adalah HUT ke-71RI, dan bukan dengan tulisan HUT RI ke-71. Karena, RI hanya satu dan tak mungkin ada RI yang ke-71 dan seterusnya, sehingga karena RI tak adalagi maka cara penulisan yang paling tepat adalah HUT Ke-71 RI atau Dirgahayu Ke-71 Indonesia.

Penulisan kalimat Dirgahayu Indonesia yang baik dan benar dan sangat tepat ini memang jarang sekali kita temukan, apakah itu untuk HUT Indonesia ataupun HUT Institusi kenegaraan apabila melihat dari KBBI, padahal cara penulisan seperti itu sangatlah salah dan tidak benar, karena Indonesia hanya satu tak ada Indonesia 2,3 dan lainnya. Bukan hanya itu saja, penulisan yang sangat tepat dan sangat logis dalam mengurutkan angka adalah seperti dibawah ini, jadi jangan sampai salah lagi:

1. HUT ke-71 Kemerdekaan RI
2. HUT ke-71 RI
3. Merayakan HUT ke-71 Kemerdekaan RI
4. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 RI
5. Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 RI

Artinya jika melihat penulisan yang benar diatas adalah untuk kata “ke-xxx” harus ditulis usai kata HUT, bukan setelah tulisan kata atau nama lembaga yangsedang merayakan Ulang tahunnya. Selain itu, dalam penggunaan Kata Dirgahayu, banyak orang yang masih memakai tulisan kata Dirgahayu, contohnya Dirgahayu HUT RI ke-70 atau Dirgahayu RI ke-71 Tahun.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) tulisan Dirgahayu berasal dari kata dir·ga·ha·yu yang mengandung arti “berumur panjang” dan keumuman dipakai untuk negara yang sedang berulang tahun diantaranya Indonesia. Sehingga, penulisan yang paling tepat adalah “Dirgahayu Indonesia atau “Dirgahayu RI”, dan bukan yang lain. atau bisa memakai kata ” HUT ke-69 RI” dan bukan yang lain.

Sumberlanjutin di sini !



Mau KAOS di bawah ? Klik ajah !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?