GuidePedia

1


Konferensi pers Menteri KKP Susi Pudjiastuti tentang pencurian ikan oleh Kapal dari Cina KM Kway Fey, di Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Susi menganggap Cina tidak menghormati kedaulatan laut Indonesia.

Wisbenbae.blogspot.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku kesal kepada Cina yang telah berperilaku arogan di laut Indonesia saat TNI AL yang juga sebagai Satgas Illegal Fishing menangkap kapal Cina di perairan Natuna melakukan praktik ilegal Fishing pada Sabtu (19/3/3016).

"Kami kan saat ini tengah memerangi praktik illegal fishing. Tapi, kenapa Cina tidak menghormati kedaulatan kita. Bahkan Cina terkesan melindungi praktik illegal fishing yang dilakukan negaranya sendiri," kata Susi saat menggelar konferensi persnya di rumah dinas menteri Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (20/3/2016).

Hal ini terkait dengan adanya penangkapan yang dilakukan oleh TNI AL di laut Natuna, dimana TNI AL ini mendapati kapal KM Kway Fey 10078 melakukan praktik illegal fishing dan masuk ke Indonesia tanpa Izin.

Setelah di tangkap, kapal KM Kway Fey 10078 ini hendak dibawa ke perairan Natuna. Namun, tiba-tiba kapal Coastguard Cina datang dan menabrak kapal KM Kway Fey untuk ditarik dan dibawa pulang ke negeri asalnya.

Susi pun mengecam keras tindakan terhadap arogansi Cina tersebut. Dan pihaknya akan melayangkan protes keras secara diplomatik kepada Cina dalam waktu dekat.

"Tentu kita akan melayangkan protes ini. Kita menghormati negara Cina, seharusnya pemerintah Cina bisa menghormati Indonesia yang sedang memerangi IUU Fishing. Ini akan kita proses segera," katanya.

Ia pun menduga, aksi yang dilakukan oleh Coastguard tersebut untuk menyelamatkan kapal agar tidak ditenggelamkan dan menghilangkan barang bukti.

"Kan kalau kapalnya kita tangkap pasti akan kita ledakkan. Mungkin mereka nggak mau makanya mereka bertindak seperti itu. Ini baru indikasi kami. Tapi nggak apa-apa kapalnya dibawa, yang penting ABKnya berhasil kita amankan. Ini kan bisa jadi bukti juga," kata Susi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top