GuidePedia

1

Meski ada banyak jenis telur, namun sebagian besar telur asin dibuat dari telur bebek. Ada beberapa kelebihan telur bebek yang membuatnya enak diolah jadi telur asin.

Bebek menghasilkan telur dengan kulit cenderung tebal dan berwarna kebiruan. Ukurannya relatif lebih besar dari telur ayam. Namun telur bebek mengandung lemak lebih tinggi pada bagian kuningnya.

Umumnya telur bebek atau itik banyak diolah jadi telur asin. Seperti yang dilakukan sejak dulu di China dan negara Asia lainnya. Konon pengasinan telur dilakukan sebagai salah satu cara mengurangi bau amis telur bebek saat dikonsumsi sekaligus supaya lebih tahan lama jika disimpan.

Memang ada alasan yang membuat telur bebek jadi pilihan. Salah satunya adalah telur bebek memberi lebih banyak minyak pada bagian kuning telur. Ini membuat rasanya lebih gurih.


Begitu pula pada kandungan lemak yang lebih tinggi. Membuat citarasanya lebih kaya, gurih dan creamy. Pengaruh dari ukuran telur yang lebih besar. Sementara tekstur telur asin dengan penggunaan telur bebek membuatnya terasa nikmat, sedikit kasar.

Pori-pori telur bebek disebut-sebut lebih besar daripada telur ayam. Ini berpengaruh dalam kemudahan masuknya garam ke telur bebek. Menjadikan rasa asinnya kian terasa dan tidak memakan waktu terlalu lama. 

Cangkang telur bebek juga lebih tebal. Sehingga tak mudah retak atau pecah dalam proses pengasinan. Jika cangkang terlalu tipis membuatnya mudah pecah. Ketebalan kulit ikut melindungi telur ketika digosok sebelum pengasinan.


Ketebalan kulit tersebut membuat daya simpan telur bebek lebih lama. Begitu juga kandungan air yang lebih sedikit dalam telur bebek membuatnya makin awet.

Dari segi warna, hasil telur asin dari telur bebek tampak lebih cantik. Warnanya lebih jingga terang dengan aroma khas yang wangi.

Akan tetapi tak menutup kemungkinan jenis telur lain dipakai untuk telur asin. Misalnya menggunakan telur ayam. Meskipun hasilnya akan sedikit berbeda baik dari segi rasa, tekstur maupun kuning telur yang kurang pekat.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?