GuidePedia

1


Belakangan ini Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) mulai lebih digalakkan pelaksanannya. Sebenernya fungsi undang-undang itu supaya bikin lebih tertib, bukan buat nakut-nakutin kamu. Nah supaya kamu gak terlalu takut kena UU ITE, ada baiknya kamu simak deh tips-tips dari wisbenbae berikut ini.

Jangan Posting/Komentar Dalam Keadaan Emosi

Emosi via memobee.com

Tunggu emosinya reda dulu aja.

Teknologi internet sekarang udah gampang dan deket banget sama kamu. Sedeket jempol kamu yang kapan aja bisa buat status atau ngasih komentar di mana-mana. Kadang pas kamu komentar itu kamu ngetik sesuatu yang gak kamu sadarin sepenuhnya. Apalagi kondisinya ketika kamu lagi emosi. Sebaiknya kalau kamu lagi emosi entah itu marah, sedih, ketakutan sampai terlalu seneng, sebaiknya kamu jangan dikit-dikit curhat lewat internet deh. Soalnya meskipun ntar kamu hapus itu komentar atau postingan kamu, kalau udah di screen capture sama orang lain ya percuma aja.

Dunia Maya = Dunia Nyata

Internet police via wpmu.mah.se

Tuh kan kamu ternyata ada yang ngawasin.

Selain kamu harus berpikiran jernih pas nyampah di internet, kamu juga harus tanamkan dalam pikiran kamu sendiri bahwa dunia maya itu gak jauh beda sama dunia nyata. Artinya kalau kamu ngomong sembarangan dan ada orang yang tersinggung, kamu bisa kena masalah. Emang sih di dunia maya kamu kalau komentar gak ngelihat fisik lawan bicara kamu secara langsung. Tapi keberadaan kamu tetep bisa terlacak lho.

Hindari Ngebahas Soal SARA

Isyana via kaskus.co.id

Kalo ini boleh dibahas soalnya SARA svati….aaakkk

Ngangkat pembicaraan soal SARA itu sensitif banget. Meskipun kamu udah hati-hati pas ada diskusi soal si SARA, mending kamu hindarin aja deh nyinggung-nyinggung SARA. Mending bahas Zaenab aja deh, lebih aman terkendali.

Internet Itu Bukan Buat Pornografi


No porn via abpindianews.com

Say no to porn

Internet itu ibaratnya sebuah pisau, kalau kamu bener gunainnya dia bakalan berguna banget buat kamu. Tapi kalau kamu sembarangan, internet juga bisa menjerumuskan kamu. Kalau selama ini mindset kamu adalah internet itu buat nyari bahan pornografi, mending disapu-sapu dikit lah pikiran kamu biar bersih.

Jangan Pake Kata-Kata Kasar

Sssst via twicopy.com

Bicara depan umum harus sopan.

Kalau kamu bisa baca tulis, itu kemungkinan kamu pernah sekolah dong ya. Nah di sekolah itu selain diajarin ilmu kan juga diajarin etika dan sopan santun tuh. Salah satunya adalah santun dalam berbahasa. Kalau komen ya pilihlah kata-kata yang lebih enak dibacanya. Meskipun Indonesia merupakan negara yang bebas berpendapat, bukan berarti kamu bebas untuk tidak beretika kan.

Belajar Dari Pengalaman

Learn via linkedin.com

Lihat contohnya kemaren-kemaren.

Sampai saat ini meskipun masih bisa diitung, UU ITE udah menjerat pelanggaran yang lumayan banyak. Kamu harusnya bisa belajar dari situ, karena belajar kan gak harus kamu ngalamin sendiri. Belajarlah dari pengalaman orang lain supaya kamu gak jatuh ke dalam lubang yang sama. Tapi bukan berarti kamu boleh jatuh ke lubang yang lainnya juga sih. Aduh jadi repot ya jelasinnya sama kamu. Pokoknya kamu gak boleh main lubang-lubangan deh.

Update Segala Hal Tentang UU ITE


Baca yang lengkap terus hapalin, besok keluar di ujian tuh.

Seperti dunia dalam internet yang selalu berkembang, UU ITE nantinya juga bakalan diupdate untuk nyesuaiin dengan keadaan yang ada. Kalau apps smartphone dan antivirus aja kamu belain update, harusnya kamu bisa dong mengupdate diri kamu dengan perundang-undangan yang kekinian.

Sementara itu dulu deh tips-tipsnya supaya gak berurusan dengan UU ITE. Kamu sendiri punya tips lain gak supaya kita bisa sama-sama menjaga satu sama lain gitu. Kamu menjaga hati akuh, aku menjaga hati kamuh. Halah. Eh nyepikin orang belum diatur dalam UU ITE kan ya. Kalau gitu bersepik-sepik lah sebelum sepik itu dilarang. Kamu komen gih. Iya kamu...


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?