GuidePedia

1


Ilustrasi ponsel Android dan iOS

Selain perangkat keras seperti prosesor, kamera, dan baterai yang menjadi bahan perbandingan para pengguna, sistem operasi yang digunakan seperti Android dan iOS juga bagaikan dua agama yang masing-masing memiliki pengikut fanatik. Sering terjadi keduanya dibandingkan untuk mencari sistem operasi mana yang terbaik.

Berikut kami sajikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dua sistem operasi paling populer itu.
Keunggulan iPhone

Hemat daya

Apple memang tidak memberikan kapasitas baterai yang besar ke iPhone sebagai contoh iPhone 6s Plus hanya dibekali baterai 2.750mAh sedangkan sebagai perbandingan LG G4 dibekali kapasitas baterai lebih besar 3.000mAh, namun dalam penggunaan sehari-hari daya tahan iPhone lebih unggul seperti yang tertulis di situs GSMArena (1, 2).

Apple unggul dalam pengukuran waktu jalan per mAh. Hal ini sulit dicapai oleh Google karena mereka tidak memiliki kendali penuh atas perangkat keras dan pengintegrasian perangkat lunak yang digunakan. Namun Google terus memperbaikinya dengan menghadirkan fitur Doze di Marshmallow yang terbukti lebih menghemat daya di ponsel Nexus.

Dukungan perangkat lunak

Pembaruan Android merupakan proses yang kompleks karena sistem operasi tersebut digunakan di gawai yang memiliki spesifikasi berbeda-beda. Apple dapat lebih terkoordinasi karena gawai yang menggunakan iOS semuanya buatan Apple sendiri sehingga pengembangannya dapat lebih cepat dan stabil.

Jaringan toko

Seperti yang diketahui, Apple sejauh ini kerap membuka toko resmi milik sendiri dalam menjajakan produk-produk buatannya, selain dari saluran operator dan toko-toko ritel kecil. Apple lebih memilih membangun sebuah toko yang ukurannya cukup besar yang jumlahnya tidak banyak di dunia, bukan toko-toko kecil namun tersebar di pusat-pusat perbelanjaan.

Selain memberikan jaminan dan dukungan resmi yang lebih baik, keberadaan toko ini juga memberikan rasa nyaman bagi pengguna gawai iOS dan produk Apple lain karena mereka seperti memiliki rumah dengan layanan purnajual bersahabat, yang biasa disebut dengan Apple Genius.

Konsistensi dan Keakraban sistem operasi

Memang tampilan yang seragam di seluruh gawai iOS terkadang menimbulkan rasa menjemukan tidak seperti Android. Namun tampilan iOS sudah terbukti intuitif karena mudah digunakan.

Karena tampilan yang seragam pula, bagi pengguna yang kurang melek teknologi tetap dapat dengan mudah mengoperasikan gawai iOS baru mereka tanpa harus belajar lagi. Perkembangan tampilan iOS juga tidak pesat, secara garis besar Apple tidak mengubah konsep antarmuka hanya menambahkan fitur-fitur dan jalan pintas baru saja.

Keunggulan Android

Kustomisasi


Meskipun Android kurang ramah bagi pengguna pemula, namun kompleksitas ini juga menjadi kelebihannya. Banyak elemen di Android yang dapat di kustomisasi pengguna, sebut saja dalam pengelolaan home screen, penggunaan gawit, jalan pintas, hingga mengganti total tampilan antarmuka menggunakan aplikasi launcher.

Integrasi aplikasi

Hingga saat ini Apple terus mengembangkan pengintegrasian iOS dengan aplikasi pihak ketiga. Namun tetap belum dapat menyamai keterbukaan yang disediakan Android. Berbagi konten gambar, musik, video, hingga laman web dapat dilakukan dengan mudah, dan dukungan berbagi yang luas hampir ke semua aplikasi yang terpasang di gawai.

Pilihan kapasitas memori

Sedari dulu Apple tidak pernah mengeluarkan gawai dengan dukungan kartu memori. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 hingga sekarang, iPhone tidak mendukung kartu memori, hanya pilihan kapasitas memori internal saja yang terus meningkat.

Sementara di Android, meskipun beberapa gawai juga mengusung konsep serupa, namun masih banyak gawai yang mendukung penggunaan kartu memori tambahan. Dengan kartu memori pengguna dapat membeli gawai dengan harga lebih murah dan kebebasan dalam penambahan memori eksternal hingga 128GB.

Manajemen fail

Ponsel sekarang ini memiliki kemampuan yang hampir menyamai komputer. Oleh sebab itu keberadaan manajemen fail menjadi poin penting pendukung kemampuan tersebut. Pengguna dapat dengan mudah menyimpan fail di memori internal atau eksternal Android, atau menyimpan lampiran dari surel layaknya sebuah kandar kilas (flash disk), dan membukanya langsung di ponsel.

Selain itu gawai Android bersahabat dengan komputer asing. Artinya, pengguna Android dapat memakai komputer yang berbeda-beda untuk menyalin data. Lain dengan iOS yang harus setia dengan aplikasi bernama iTunes, sehingga akan sangat merepotkan jika pengguna menggunakan komputer berbeda-beda.

Pilihan gawai yang beragam

Apple hanya mengeluarkan ponsel iPhone setahun sekali. Untung saja beberapa tahun belakangan mereka memilih untuk merilis beberapa model iPhone sehingga banyak pilihan bagi pengguna.

Android kebalikannya, sangat banyak model ponsel yang rilis tiap tahunnya. Ponsel-ponsel tersebut juga memiliki spesifikasi yang berbeda dengan rentang harga jual yang berbeda juga. Masing-masing ponsel memiliki ciri khas sendiri, entah itu kamera, baterai, layar, atau desain. Semua tersedia di pasar tinggal mencari yang sesuai dengan keinginan.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?