GuidePedia

0


Membangun masjid di Indonesia tampaknya begitu ‘mudah’, meski kadang ada ‘sebagian’ yang melakukannya dengan ngecrek di pinggir jalan dengan suara speaker yang mengganggu pengguna jalan. Berbeda cerita yang terjadi di Jepang.
Sebuah kelompok Muslim di Jepang membuat anime yang bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi rencana pembangunan sebuah masjid di kota Shizuoka.
Asosiasi Muslim Shizuoka berniat menggunakan masjid tersebut nggak hanya untuk sembahyang, tetapi juga untuk pertukaran antara Muslim dan warga setempat.
Organisasi tersebut memulai Proyek Masjid Shizuoka Masjid  pada tahun 2010.
“Sebuah masjid dengan latar belakang simbol Jepang yakni, Gunung Fuji, ini akan menarik banyak wisatawan Muslim. Dan dengan itu, itu akan menguntungkan bisnis lokal, ” kata Perwakilan Asosiasi, Yassine Essaydi (36) seperti dilansir AJW.Asahi.com.
Akan tetapi, sejauh ini asosiasi hanya berhasil mengumpulkan 20 juta yen ($ 171.000) dari yang biaya yang diharapkan ¥ 300.000.000, yang dibutuhkan untuk membangun masjid.
Oleh sebab itu, asosiasi membuat cara kreatif dengan menyebarkan  video anime yang mengajak Muslim untuk kontribusi membangun masjid yang mereka rencanakan.
Sumbangan pun makin meningkat setelah video itu diluncurkan bulan Juni 2015.
Menurut asosiasi tersebut, anime telah dilihat (viewers) setidaknya 1,2 juta kali melalui situs jejaring sosial. Namun, Essaadi mengatakan ia khawatir bahwa beberapa warga mungkin menentang rencana pembangunan masjid sejak kemunculan isu terorisme yang mengatasnamakan Islam baru-baru ini.
“Sejak zaman dahulu, dunia Islam dan Jepang telah membangun koneksi manusia,” kata Osamu Miyata, direktur Pusat Studi Islam Kontemporer di Jepang. “Pada dasarnya, Muslim tidak ada kaitan dengan aksi terorisme. Hal ini penting untuk memperdalam pemahaman melalui pembangunan masjid yang akan berfungsi sebagai tempat untuk diskusi. “
Asosiasi tersebut juga berencana untuk menggunakan masjid untuk kelas bahasa Arab dan pelajaran memasak untuk menyampaikan budaya Islam kepada penduduk setempat.
Muslim di Jepang memiliki harapan yang kuat untuk pembangunan masjid.

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?