GuidePedia

0


Ruangan di Building 87 milik Microsoft dinobatkan sebagai ruangan yang paling senyap di dunia© Microsoft

Sebuah ruangan di Building 87 yang terletak di markas Microsoft di Redmond, Washington dinobatkan sebagai ruangan paling senyap di bumi oleh Guiness World Records

Rekor sebelumnya dengan kesenyapan -13 dB(A) baru-baru ini dikalahkan sebuah ruangan milik Microsoft mempunyai tingkat kesenyapan -20 dB(A).

Ruangan yang sunyi ini digunakan oleh Microsoft sebagai laboratorium uji akustik bagi sederet produk seperti alat pengeras suara, mikrofon dan Cortana.

Saat menguji aplikasi asisten suara, tim itu melemparkan pertanyaan-pertanyaan kepada Cortana di ruangan itu agar aplikasi bisa mengenali perintah suara dengan lebih jelas.

Ruangan riset ini sebenarnya terdiri dari deretan kamar tak-bergema yang salah satunya mempunyai pondasi tersendiri berupa pegas-pegas yang digunakan untuk meminimalkan kebisingan dari luar.

Agar bisa memecahkan rekor dunia ini, pengujian dilakukan dengan bantuan dari ahli pengukuran suara Bruel & Kjaer, yang menyediakan perangkat dan aplikasi analisis untuk menguji ruangan itu.

Bruel & Kjaer menggunakan sebuah teknik pengukuran kekuatan suara dengan dua mikrofon khusus agar bisa mengukur tingkat kebisingan yang sangat rendah.

Seorang peneliti wicara dan dengar di Microsoft, Dr Hundraj Gopal kepadaProSoundNetwork.com mengatakan,"Kamar tanpa gema merupakan ruangan yang dindingnya terbuat dari bahan yang menyerap dan melemahkan 99,9 persen suara sehingga membuat ruangan itu bebas gema."

"Microsoft menggunakan ruangan super-senyap yang secara akustik dikendalikan ini untuk menguji berbagai produk seperti tablet Surface, Hololens dan lain-lain untuk memastikan bahwa suara yang dihasilkan oleh perangkat itu saat digunakan sesenyap mungkin," ujar Gopal seperti dikutip Majalah E&T.

Secara ilmiah, gerak Brown (Brownian motion), yaitu gerakan partikel-partikel di dalam cairan atau gas, dianggap oleh para ahli matematika sebagai suara paling senyap dan terukur sebesar -23 dB(A), hanya tida desibel lebih rendah daripada ruangan milik Microsoft. Kesenyapan total dicapai di sebuah tempat vakum seperti luar angkasa.

Sebagai perbandingan, seperti dikutip dari BusinessWire.com suara nafas normal manusia adalah +10 dB(A), suara daun jatuh +20 dB(A), percakapan normal +60 dB(A) dan suara pesawat jet yang lepas landas pada jarak 25 meter terukur sebesar +150 dB(A).

Pada Maret lalu, Microsoft dilaporkan sedang membangun sebuah versi Cortana canggih dengan kecerdasan buatan yang diberi nama Einstein. Microsoft telah memasukkan fitur asisten suara dalam sistem operasi terbarunya, Windows 10.


The Quietest Place on Earth?© Microsoft


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?