GuidePedia

0

Sedikitnya 107 orang meninggal dunia akibat katrol jatuh dan menimpa Masjidil Haram, Jumat (11/09). (BBC)

Ada juga reaksi yang kuat di Afrika merespons pernyataan Pangeran Saudi Khaled al-Faisal yang mengatakan bahwa jamaah asal Afrika yang harus disalahkan.

#TrenSosial: Tragedi Mina yang menewaskan setidaknya 717 orang mendominasi percakapan di media sosial di Timur Tengah dan sejumlah negara lain termasuk Indonesia. Satu pertanyaan yang banyak didiskusikan adalah: siapa yang salah?

Debat ini banyak dibahas oleh para pejabat Arab Saudi, para jamaah haji, dan bahkan kelompok-kelompok sektarian dengan sejumlah teori konspirasi.

Ada juga reaksi yang kuat di Afrika merespons pernyataan Pangeran Saudi Khaled al-Faisal yang mengatakan bahwa jamaah asal Afrika yang harus disalahkan.

Banyak tagar yang digunakan dalam berbagai bahasa, salah satunya #HajjStampede yang dipakai lebih dari 10.000 kali dalam 24 jam, dan #Mina dipakai 30.000 kali.

Inilah bagaimana media sosial bereaksi di negara-negara yang terkena dampaknya, seperti yang dilaporkan BBC Trending.

Arab Saudi dan negara-negara Arab

Ada dua tagar berbahasa Arab yang kontras menjadi populer di Twitter: "Kegagalan Administrasi Saudi" dan "Kesuksesan Administrasi Saudi."

Tagar yang pertama mulai digunakan setelah peristiwa terjadi. Isinya mengkritik pemerintah Saudi yang dinilai buruk menangani para jemaah. Seorang pengguna, @jbhamjzye, mengatakan otoritas Saudi "mengubah Idul Adha menjadi pemakaman para jamaah".

Namun kritik itu segera dibantah oleh banyak pengguna yang mendukung penanganan haji Saudi. "Semoga Tuhan memotong tangan Anda, Anda yang menulis kicauan itu," kata salah seorang pengguna.

Segera setelah tagar yang mendukung Saudi populer, pengguna media sosial memuji para petugas keamanan dan penyelenggara haji yang dinilai tanggap. Gambar yang menunjukan orang-orang tua dan orang berkebutuhan khusus dibantu setelah kejadian menjadi viral.

Video yang menggambarkan jemaah haji berterima kasih kepada pemerintah Saudi dan teori konspirasi yang mengklaim Iran bertanggung jawab juga beredar luas di internet. Walau dasar dari klaim itu tidak jelas, tagar "Iran membunuh jemaah haji" dipakai lebih dari 65.000 kali.

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?