GuidePedia

0


Kami sudah pernah membahas ada orang yang buat rumah mini dengan printer 3D disini tetapi belum ada yang buat bangunan besar dengan printer 3D.

Nah, Dubai kembali membuat hal baru yaitu mereka akan menjadi yang pertama di dunia yang punya sebuah gedung kantor yang dibuat dengan printer 3D.
Gedung kantor seluas 186 m2 ini nantinya akan menggunakan sebuah printer 3D yang punya tinggi 6 m dan setiap bagian bangunan akan dibuat secara lapis per lapis sampai terbentuk sebuah bangunan yang bergaya minimalis seperti terlihat di gambar atas.

Proyek di bawah pemerintah Dubai bekerjasama dengan WinSun Global ini menyatakan bahwa ini adalah tahap awal dimana nantinya mereka akan membangun lebih banyak lagi gedung kantoran dengan printer 3D dan tentunya punya bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kenapa harus printer 3D bukan cara biasa? Bangun gedung dengan printer 3D diklaim bisa mengurangi waktu pembangunan sekitar 50% – 70%, mengurangi biaya tenaga kerja sekitar 50-80% dan mengurangi pemborosan bahan untuk konstruksi sekitar 30-60%, asik kan?



The 3D-printed office building will cover around 2,000 sq ft (186 sq m)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?