GuidePedia

0


Tesla, perusahaan yang terkenal dengan mobil listriknya baru saja meluncurkan produk baru tetapi kali ini tidak berhubungan dengan mobil listrik.

Tesla Powerwall adalah baterai Lithium-ion yang bisa digunakan untuk sebagai sumber listrik tambahan di rumah yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan listrik (PLN).


Karena sifatnya sebagai tambahan tentu saja ini bukanlah sebuah alat yang benar-benar bisa menggantikan sumber listrik (PLN) tetapi lebih sebagai sumbe listrik tambahan dan juga listrik cadangan ketika listrik mati.

Bukan hal baru tentunya tetapi ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Powerwall ini

- Bisa diisi ulang dengan 2 sumber listrik:

Baterai di dalam Powerwall bisa diisi ulang dari listrik PLN )grid) dan juga kelebihan listrik yang didapat dari sumber listrik tenaga surya (panel surya).

Ketika menggunakan sumber listrik PLN, Powerwall bisa diatur kapan waktunya akan melakukan pengisian sehingga powerwall hanya akan mengisi baterainya ketika biaya listrik sedang murah, misalnya di malam hari.

Untuk pengisian melalui kelebihan listrik dari panel surya tentu saja ini yang paling ideal karena pengisian baterai powerwall berarti tidak perlu biaya tambahan.

- Disainnya yang cantik

Bila biasanya baterai lithium-ion berukuran besar dan bentuknya hanya kotak, powerwall didisain dengan cantik sehingga walaupun ditaruh di dalam ruangan lebih terkesan sebagai pajangan dan bukan sebuah alat yang jelek yang mengganggu interior rumah.

- Penggunaan Powerwall bisa digabungkan yang artinya bila kapasitas yang dimiliki tidak cukup, kita bisa membeli satu lagi (sampai 9 buah) untuk menambah kapasitas listrik yang lebih besar.

- Sama halnya seperti sebuah baterai listrik cadangan, powerwall juga akan otomatis menyala ketika listrik mati

Powerwall diluncurkan dalam 2 kapasitas yaitu 10 kWh dan 7 kWh yang diyakini keduanya cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga serta tentunya meringankan biaya listrik.

Dan terakhir, yang paling penting mengenai Powerwall adalah harganya yang murah dibandingkan produk sejenis, untuk yang 10 kWh dijual dengan harga US$ 3.500 dan 7 kWh dijual dengan harga US$ 3.000 tetapi belum termasuk alat inverter dan pemasangan.







Post a Comment Blogger

Beli yuk ?