GuidePedia

0


Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia masih mempunyai utang IMF salah kutip. Indonesia, kata dia, sudah tidak mempunyai utang dengan lembaga pendanaan dunia itu sejak 2006.

"Salah kutip pernyataan itu. Indonesia sudah tidak mempunyai utang di IMF," kata Bambang seusai Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah (FREKS) 2015 dengan tema “Menata Sistem Keuangan Syariah Nasional yang Kokoh, Stabil, dan Inklusif” di Balai Sidang UI, Selasa, 28 April 2015, dilansir TEMPO.

Sebelumnya, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) gerah dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dimuat di harian Rakyat Merdeka (27 April 2015) terkait utang Indonesia yang belum lunas ke Dana Moneter Internasional (IMF). Padahal, menurut SBY, utang tersebut telah dilunasi pada tahun 2006 lalu.

"Saya terpaksa menanggapi dan mengoreksi pernyataan Presiden Jokowi menyangkut utang Indonesia ke IMF. Kemarin, tanggal 27 April 2015 (di sebuah media massa) yang intinya adalah Indonesia masih pinjam uang sama IMF. Berarti kita masih punya utang kepada IMF. Maaf, demi tegaknya kebenaran, saya harus mengatakan bahwa seluruh utang Indonesia kepada IMF sudah kita lunasi pada tahun 2006 yang lalu. Keseluruhan utang Indonesia terhadap IMF adalah USD 9,1 miliar, jika dengan nilai tukar sekarang setara dengan Rp 117 triliun, dan pembayaran terakhirnya kita lunasi pada tahun 2006, atau 4 tahun lebih cepat dari jadwal yang ada. Sejak itu kita tidak lagi jadi pasien IMF," tulis SBY dalam akun Facebook-nya, Selasa (28/4).

Pernyataan SBY tersebut sempat disanggah pihak Istana dengan mengatakan bahwa Presiden SBY masih kembali menarik utang pada sejumlah lembaga keuangan internasional di tahun 2009.

"Di 2006 memang kita tidak memiliki utang dengan IMF tapi muncul lagi tahun 2009, besarnya USD 3 miliar. Terus ada sampai hari ini. Saya tidak tahu (detail), pertanyaan teknis ke kemenkeu dan BI," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/4), dilansir merdeka.

***

Pemerintahan Jokowi ternyata penyakitnya gak sembuh-sembuh. Tak satu suara dalam satu persoalan. Menurut Menkeu utang IMF sudah lunas dan Indonesia tak lagi punya utang IMF. Media yang salah kutip. Tapi menurut Sekretaris Kabinet, Indonesia era SBY tahun 2009 utang lagi ke IMF yang sampai sekarang belum lunas.

Betul-betul semrawut bin amburadul pemerintahan saat ini.

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?