GuidePedia

0


Pulau Lombok saat ini mulai dikenal sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Tetangga di bagian timur Pulau Dewata Bali ini lebih dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid. Sekitar 5.000 masjid terbangun dengan megah di seluruh penjuru Lombok dan hanya berjarak beberapa meter saja lokasinya masing-masing. Kini seiring dengan gencarnya promosi pariwisata, Lombok pun mulai dikenal sebagai pulau yang memiliki objek wisata terlengkap mulai dari pantai, gili, air terjun, gunung, sungai dan hutan yang semuanya menjanjikan keindahan alamnya. Wisatawan Nusantara maupun Wisatawan Manca Negara sekarang banyak memilih Lombok sebagai destinasi liburannya, apalagi sejak Bandara Internasional Lombok (BIL) beroperasi di tahun 2011. Pilihan maskapai penerbangan yang langsung menuju Lombok dari kota-kota besar di Indonesia juga semakin beragam, dan wisatawan dari Jakarta pun misalnya dapat memesan tiket pesawat tujuan Lombok dengan varian maskapai.

Lombok yang bagus khan hanya Pantai Senggigi dan Gili Trawangan saja?

Wah pemikiran yang keliru! Sayang sekali kalau hanya mengetahui objek wisata di Pulau Lombok hanya dua itu saja. Memang benar Pantai Senggigi dan Gili Trawangan sudah menjadi ikon objek wisata nasional bahkan internasional. Tapi masih banyak keindahan alam Lombok lainnya yang perlu kalian tahu..


Nipah. Sebuah spot atau objek wisata di sebelah utara Kawasan Wisata Senggigi yang saat ini mulai mencuri perhatian para wisatawan baik wisatawan lokal maupun manca negara. Pantai Nipah terletak di Dusun Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Jarak tempuh dari BIL menuju Pantai Nipah sekitar 80 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Kondisi jalan aspal hotmix yang dijamin kemulusannya. Biasanya wisatawan dari BIL menginap di hotel di Kota Mataram atau langsung mencari penginapan di hotel sekitar Kawasan Wisata Senggigi Kabupaten Lombok Barat. Saran saya lebih baik menginap di Senggigi karena untuk menuju Pantai Nipah jaraknya dekat hanya 20 menit saja. Banyak pilihan hotel untuk menginap mulai dari skala backpacker sampai hotel berbintang, tinggal sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Apa yang ditawarkan oleh Pantai Nipah kepada wisatawan yang berkunjung?



Begitu tiba di Dusun Nipah para pengunjung akan disambut oleh panorama pantai dengan keindahan teluk birunya yang dikelilingi perbukitan hijau. Aroma harum tercium dari kepulan asap ikan bakar yang dijajakan para pedagang di lapak-lapak sepanjang jalan menuju Pantai Nipah akan merangsang rasa lapar. Bagi yang suka main air pantai dengan anak-anak sebaiknya masuk ke kawasan bagian dalam menuju bibir pantai. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk seharga Rp. 3.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Murah khan? Iya biaya itu hanya sebagai pengganti biaya parkir kendaraan saja.



Pengunjung Pantai Nipah biasanya menghabiskan waktu dengan bermain air dan pasir, berenang, snorkeling (bawa alat sendiri), bermain kano, keliling naik perahu nelayan, dan foto-fotoan bareng keluarga, sahabat maupun pasangan. Fasilitas kamar mandi dan tempat bilas sederhana sudah tersedia.



Saat lapar mendera di siang harinya, pengunjung dapat memesan ikan bakar atau makan bekal bawaan dari rumah. Makan ramai-ramai sehabis beraktivitas di pantai itu sangat menyenangkan. Semua menu makanan akan terasa lezat apalagi dimakan dengan suguhan panorama indah Pantai Nipah. Satu paket ikan bakar yang terdiri dari seekor ikan yang dibakar yang diberi bumbu, sepiring nasi, sepiring terong bakar, dua tusuk sate cumi, dan sepiring pelecing kangkung dapat dinikmati dengan biaya sekitar Rp. 70.000,- (plus minus tergantung ukuran ikan). Sudah kenyang makan ikan bakar jadi ngantuk… Jangan! Segera keluar dari areal pantai dan langsung menuju arah utara ke Nipah Sunset Point. Dari namanya saja sudah ketahuan mau ngapain di sana… Yak, menikmati matahari tenggelam alias sunset yang sangat indah!

Sumpah Indah!

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?