GuidePedia

1


Setiap aktor harus memulai dari suatu tempat—di beberapa kasus, definisi “suatu tempat” itu mungkin di bagian paling bawah kasta Hollywood. beberapa aktor dan aktris yang sekarang harum danmempunyai nama besar memulai karirnya di filem begitu nistanya sampai kita juga heran mereka bisa seterkenal sekarang ini. 

10. Arnold Schwarzenegger
Hercules in New York (1969)


Arnold Schwarzenegger muda yg masih berumur 22 tahun memilih membintangi sebuah judul film Hercules in New York—sebuah film komedi garing tentang perjuangan sang pahlawan demi membela nama bapaknya, Zeus, dan petualanannya di dunia manusia—khususnya di New York City. Karena masih baru di Amerika dan masih memiliki nama belakang yg panjang dan susah diucapkan, Schwarzenegger ditulis sebagai “Arnold Strong” atau “Mr. Universe,” karena dia lebih terkenal duluan di dunia bodybuilding. Belum lagi aksen Austria-nya begitu medok sehingga di film tersebut suaranya pun di dubbing. 

Sudah jadi rahasia umum kalo Schwarzenegger sangat malu akan film tersebut, bahkan pernah bilang kalo ia menyesal membintangi film itu. Bahkan dia bilang kalo film itu seharusnya digunakan sebagai alat interogasi dalam perang melawan Terrorisme saja. Kalo kita lihat bagaimana Arnold bergulat melawan seorang manusia yg berkostum beruang murahan sih kita bisa ngerti kenapa dia ngomong begitu. 

9.Jim Carrey
Earth Girls Are Easy (1988) 

Film pertama komedian Jim Carrey merupakan film musikal yg juga dibintangi oleh aktris dan aktor terkenal seperti Gena Davis dan Jeff Goldblum. Film itu sendiri yg berjudul Earth Girls are Easy, bercerita tentang alien yg sange yg baru saja jatuh kesasar di kolam belakang rumah seorang perempuan yg napsuin. 

Film ini penuh dengan masalah produksi, ditulis ulang, dan kemudian juga kebangkrutan dari rumah produksi pertamanya melatarbelakangi rilisnya. Tapi pada akhirnya berhasil juga diputar di bioskop danmendapatkan ulasan berbagai macam baik dari penonton maupun kritikus film. 

Berciri khas di berbagai lagu-lagu pengiringnya, adegan disco, dan ide bahwa tiga alien yg terdampar di bumi tidakhanya punya dua jantung tapi juga lidah yang panjang abis, malah akhirnya film ini jadi sebuah film klasik yg agak didewakan. Walaupun perannya hampir gak berarti sebagai alien “Wiploc,” Karir Jim Carrey akhirnya meroket melebihi semua kawannya. 

8.Clint Eastwood
Revenge Of The Creature (1955) 

Ya, si “Dirty Harry” ini berperan di sebuah seri yg tak terkenal The Creature from the Black Lagoon. Tercatat film ini sebagai satu-satunya film seri 3-D dalam sejarah, dan juga sempat diulas dalam Mystery Science Theater 3000. 

Ceritanya sendiri diambil dari film sebelumnya yang ditinggalin, dengan makhluk yg ditangkap dan disimpan di sebuah aquarium di Florida. Selama masa penangkapannya ini, si makhluk ini jatuh cinta kepada salah satu ilmuwan yg menelitinya—sebuah bentuk cinta segitiga ganjil karena obyek penelitian jatuh cinta kepada penelitinya. Sang makhluk ini akhirnya bisa melarikan diri dan membawa sang kekasihnya ke dalam laut (buat berbulan madu). Akhirnya ilmuwan yg lain bisa mengejar dan menyelamatkannya dari penculikan makhluk ini. 

Clint Eastwood hanya dapat peran sedikit sebagai teknisi laboratorium bernama Jennings—syukurlah kemunculannya hanya singkat dengan perannya yang konsisten berdebat dengan salah satu ilmuwan utama yg mempelajari si makhluk dengan pengujian apakah sang makhluk akan memakan tikus lab atau enggak. Meski begitu untuk peran pertamanya di kancah Hollywood  ini akan pintu buat peran-peran bersejarahnya baik sebagai aktor maupun sutradara .

7.Sylvester Stallone
The Party At Kitty And Stud’s (1970)


Dapat $200 buat kerja dua hari, Sylvester Stallone membintangi sebuah film bokep berjudul the Party at Kitty and Stud’s (nanti dirilis lagi dg judul The Italian Stallion atau malah Bocky, setelah Stallone dan karakter Rocky Balboa-nya menjadi terkenal). Stallone sendiri selalu benci film ini—dia bilang dia menyetujui peran ini karena terpaksa karena jadi gelandangan dan tidur di stasiun bis waktu itu. Dalam salah satu wawancara dengan majalah Playboy Magazine dia bilang, “pilihannya hanya menerima peran itu atau ngrampok orang, aing bener-bener kepepet antara hidup dan mati.” 

Di luar reputasinya film ini sangat terkenal dengan standard jaman sekarang dan hanya menampilkan gambar seksual yg sedikit saja. Seperti sudah diungkapkan, kadang-kadang ada rilis ulang dari rekaman film bokep hardcore yg dibintangi aktor pengganti yg mirip Stallone. Tapi tetep aja, walopun ada sedikit yg ketipu, film ini tetep gak terkenal ataupun berhasil. Aing sih yakin Stallone malah seneng.

6.Courteney Cox
Masters Of The Universe (1987)


Siapapun yg tumbuh di era 1980-an akan inget He-Man, mainan pendekar barbar warrior yg gak hanya muncul di film kartun tapi juga di film beneran. Tapi hanya sedikit yg tahu kalau bintang serial “Friends” Courteney Cox muncul di film ini jug aloh— seperti yg dia sesali karena film ini gagal secara komersil dan juga secara kritikus. 

Biaya pembuatan yg melebihi budget dan ketidakpercayaan terhadap materi aslinya film ini diejek sebagai sebuah “Star Wars kampung” dan yg lebih parah “cerita cinta homo.” Jalan ceritanya bagaimanapun melibatkan He-Man sedang menyelamatkan seorang gadis bumi (Cox) dari penculikan Skeletor setelah dia secara gak sadar menemukan “kunci alam semesta,” sebuah artefak yg memungkinkan kita berkelana melampau ruang dan waktu di alam raya ini. 

Kebanyakan penggemar mainan menulis bahwa film ini merupakan kesalahan buruk dan alat pemasaran murahan, dan bisa dipastikan Courteney sendiri pun beranggapan begitu. Film ini diresensi dengan buruk dan cepat anjlok dari nomer #1 di box office pas minggu pertama anjlok ilang dari peredaran minggu berikutnya. Film ini bahkan gak bisa menutupi biaya pembuatannya, cuma menghasilkan $17 juta dibanding biayanya sebesar $22 juta. 

Cannon Studios, rumah produksi Masters of the Universe, bangkrut karena film ini. Kalo ngelihat fakta2 ini, heran juga karir si Courteney Cox ini bisa melesat dan sampai ke level dia sekarang. 

5.Nicole Kidman
BMX Bandits (1983)


Seperti terlihat di film promosi dari TV Australian (saluran 14), peran pertama Nicole Kidman adalah di sebuah film berjudul BMX Bandits. Jalan ceritanya begini, sekelompok tiga sekawan ABG yg hidupnya terancam sebuah komplotan perampok bank, setelah mereka menemukan sekotak lengkap walkie-talkies yg bisa menguping percakapan frekwensi radio polisi. Para bandit—putus asa karena mencari peralatan itu lagi—berakhir dengan pengejaran terhadap kawanan tiga sekawan ini di sekitar kota Sydney. Akhirnya, perampok konyol ini gagal dan anak-anak ini bisa hidup bahagia selamanya, ini cuma komedi anak-anak, gak lebih. 

Terpilih setelah menyisihkan lebih dari 200 aktris yg telah diaudisi, Kidman harus dilatih dulu untuk menaiki sebuah sepeda BMX dengan bagus, walopun dia punya dua orang pemeran pengganti buat adegan yg paling susah (seorang pemuda berusia 18 tahun yg memakai rambut palsu). Walopun sudah dilatih dan memakai pemeran penganti, Nicole tetep aja cedera di pergelangannya selama suting karena jumping melewati lapangan kerikil. 

Gara-gara film ini Kidman banyak bermain di film2 Australia berbujet rendah—seperti Nightmaster—sebelum dia ditengarai oleh seorang sutradara Amerika setelah audisi dalam perannya dalam film menegangkan Dead Calm. Setelah kesuksesan film ini, karirnya melesar, dan dia gak pernah dipaksa untuk naik sepeda BMX yg lain lagi.

4.Jodie Foster
The Little Girl Who Lives Down The Lane(1976)


The Little Girl Who Lives Down the Lane dibuat di tahun yg sama dengan Taxi Driver—film ini jelas beda kualitas, tapi secara bersamaan ini yg membuka jalan Jodie Foster meraih dua Academy Awards di masa datang. 

Film ini bercerita tentang seorang anak yg orang tuanya bercerai—dan sebagai hasilnya, dia disembunyikan oleh ayahnya di sebuah kota terpencil sehingga ibunya tidak bisa mendapatkan hak asuhnya. Setelah itu, ayahnya bunuh diri dan meninggalkan dia seorang diri di dunia ini. Kecurigaan muncul di kota ini dari berbagai macam orang—mulai dari tuan tanah perempuan sampai ke anaknya yg pedofil. Serentetan aura ghaib melindungi cewek ini sehingga mencegah siapapun untuk mengetahui latarbelakangnya, dan pada akhirnya dia ditinggalkan dalam damai. 

Foster, yg berusia 13 pas suting film ini, sangat keberatan terhadap film ini , dan selalu menyatakn bahwa dia sangat menyesal memilih film ini sebagai film pertamanya. Menurutnya, “ketika orang menyederhanakan sebuah pekerjaan tanpa peduli hasrat, hasilnya pasti film yg buruk.” 

Kegelisahan terbesarnya jelas karena ada adegan bugil penuhnya . Karena dia baru berumur 13, kakak perempuannya, Connie, dimanfaatkan sebagai pemeran pengganti. Ini  plus sebuah adegan yg ada merokok dan seekor hamster, menyebabkan Jodie amat stress selama pembuatan filmnya dan pada akhirnya membikin dia sangat membenci film ini. Walopun dia sangat membenci film ini, film ini terkenal karena beberapa hal— Martin Sheen berperan sebagai pedofil, dan soundtrack nya dikarang oleh Howard Shore (yg juga sukses di kancah perfileman Hollywood). 

3.Madonna
A Certain Sacrifice (1979)


A Certain Sacrifice adalah sebuah film yg membikin Madonna sendiri berusaha untuk melarang peredarannya. Film ini sendiri bukanlah film porno tapi lebih ke usaha gagal sebagai film menegangkan yg melibatkan pengorbanan kepada setanmaupun streetwalkers. Madonna henaya tampil topless dalam dua adegan, dan adegan sisanya adalah kisah klasik balas dendam yg absurd. 

Film ini diputar di bioskop pada thun 1985, pas karir musik Madonna sedang moncer (walopun sudah dibuat enam tahun sebelumnya). Seperti, Madonna menerima peran di film ini karena sedang putus asa (dia nerima honor $100 saja) dan gakpernah ngira kalo film ini akan menghantuinya. Dia sangat marah pas peluncuran film ini sampai-sampai nuntut sang sutradara ke pengadilan. Namun dia gak punya hak untuk menghentikan pemutaran film ini. 

Film ini menjadi semacam noda bagi karir nya (setidaknya karir musik—karena dia tampil di banyak film kacang setelah ini) dan ini merupakan film dia yg paling banyak merangsang keingintahuan oang. Waktu telah berlalu semenjak pembikinan film ini dan bahkan banyak orang yang gak sadar kalo film ini ada, walopun pemutaran midnight masih selalu ada dari waktu ke waktu. 

2.Jack Nicholson
The Cry Baby Killer (1958)


Sebuah filmyg jadi puja puji yg hilang sampai diterbitkan lagi dalam bentuk DVD pada tahun 2006, film ini menandai akting pertama dalam karir film aktor terkenal Jack Nicholson sebagai seorang muda dengan masalah serangan panik . Diproduseri oleh Roger Corman, seorang sutradara film kelas B yg terkenal, The Cry Baby Killer bercerita tentang seorang amatir dan tak berperasaan.. 

Corman sendiri bilang kalo film ini gak menghasilkan keuntungan apa-apa buat dirinya dan dia dan Nicholson nantinya akan terus bekerjasama selama sepuluh tahun ke depan. Setelah membikin film2 kelas kacang termasuk the original Little Shop of Horrors. Jack sepertinya gak akan terkenal sampai dia membintangi film Easy Rider dan diputar tahun 1969, jauh setelah hubungannya dengan Corman terlupakan dari ingatannya. 

1.Tom Cruise
Endless Love (1981)


Walopun Endless Love bisa dikatakan berhasil, pengaruh terbesarnya dalam kebudayaan pop malah berasal dari soundtracknya yg dibawakan oleh Diana Ross dan Lionel Richie “Endless Love.” Dan tentu saja memperkenalkan pendatang baru ke dunia, Tom Cruise. 

Scott Spencer, sang penulis  novel yg difilmkan ini, sangat tidak puas dengan filmnya. Dan walaupun dibintangi banyak bintang terkenal—Brooke Shields, James Spader, Jamie Gertz—kebanyakan orang menyetujuinya, karena film ini sangat lambat alurnya dan cengeng dan tidak sepenuhnya berkiblat ke novel aslinya. 

Beruntung bagi Cruise, perannya dalam film ini sangat sedikit, dan film ini cepat terlupakan oleh masyarakat, kalo nggak mungkin dia gak akan membintangi film-film besar seperti Risky Business dan Top Gun. 

Damien B. was a lover of movies—then he saw these films and it changed everything. 

Post a Comment Blogger

  1. Ini malah jadi elajaran lagi, kalo tidak ada sesuatu yg instant di dunia ini !

    ReplyDelete

Beli yuk ?