GuidePedia

0


Banyak berita berseliweran di twitter tiap hari, dan kita hampir selalu menganggap itu sebagai sebuah kebenaran, tapi apakah itu bener ?


Anda mungkin mengikuti mereka di Twitter — apalagi setelah image previews muncul, bikin pancingan re-tweet mereka makin tak terelakkan. Aboi mungkin gak nyadar kalau mereka merupakan akun yg berbeda2. @Earth_Pics mungkin yg paling banyak pengikutnya, dengan hampir 1,5 jut apengikut, tapi persaingan merebut juara makin sengit, kebanyakan berpengikut ratusan ribu. Ada @EarthPix, @earthposts, @ThatsEarth, @EarthBeauties, @ItsEarthPics, dan yg bernama kreatif @EaarthPics. Belum lagi @FascinatingPics dan @FascinatingPix, dan bukan account yg sama. Dan @Natgeopix, yang gak ada hubungannya dengan National Geographic, dan @GoogleEarthPics, yg gak ada hubungannya dg Google.

Sesuatu yg menarik dari akun2 ini adalah mereka semua nge-twit isi yang sama persis — gambar yg sama satu sama lainnya, dengan kata-er-kata persis sama — dan berulang ulang lagi. Mereka seperti spam visual. Kebanyakan mereka hanya ngetwit pemandangan yg di warnai ekstrim tanpa ada atribut photographer, hal lain yg mengganggu adalah tidak pernah ada yang repot2 mengecek apakah poto2 itu bohong atau asli…

1. “Awan berundak di atas gunugn Fuji, Jepang.”

Sorry — jelas ini di photoshop

ini loh aslinya.

2. “Rainbow meets Tornado”
Juga di photoshop, sorry.


3. “Solar Eclipse and Milky Way seen from ISS”


4. “Spectacular View of The Stars in Alaska”

Yang ini sepertinya berasal dari sebuah forum seni, under the category “Fantasy/Landscape.”

lebih banyak kMore of the artist’s work di sini.

5. “Difference between day and night!”



Jelas gambar ikinan komputer karena situs NASA’S ASTRONOMY PICTURE OF THE DAY bilang:

No single spacecraft or astronaut took this picture. It is a digital composite of archived images taken by several Earth-orbiting satellites and ocean-faring ships… This image is different from what an astronaut would see for reasons including a complete lack of clouds and an unrealistic exaggeration of lights and contrasts. The image has become both an internet wave in that it continues to circulate as an attachment to digital correspondence, and a modern urban legend.

6. “They shot a 7m (+- 23ft), 1200kg crocodile…”

Gambarnya sih mungkin bener — tapi penjelasannya jelas salah.”


Seperti dibilang nopes, buaya itu bahkan gak pernah makan manusia seorang pun,bukan dibunuh oleh penduduk desa, panjang sekitar 5 m, bukan 7 m, dan di Zimbabwe, bukan Niger.

7. “Sunrise at the North Pole”





8. “Smeared skies, Lake Ontario, Canada”


Gambar Brilliant  — tapi bukan satu gambar. Melainkan ratusan yang dilapis2.



Ini salah satu dari sebuah seri oleh photographer Matt Molloy.  “Teknik timestack”  nya menggunakan rekaman video berskala waktu untuk menciptakan sebuah gambar diam di mana langitnya tampak seperti sebuah sapuan kuas.

9. “Europe at Night”


Itu bukanlah cahaya, dan itu bukan foto pula. Ini hanya a computer-generated visualization of social media activity. Lihar, ini Amrika Utara:


Peta itu dibikin oleh ahli visualisasi data Eric Fischer untuk ebuah project yg dinamakan “See something or say thing”. Mereka memperlihatkan aktivitas dari dua sosial platform: Twitter (berwarna biru) dan photo site Flickr (berwarna orange).

10. “Frozen Tidal Wave In Antarctica”

Aslinya sih ice deposits smoothed out selama bertahun2 mencair dan membeku lagi.


Gambar ini diambil ol Antarctic scientist Tony Travouillon.

11. “Mystic Forest in The Netherlands”








Nggak. Coba lihat deh. Ini hanyalah sebuah daratan biasa saja yang kebetulan punya setting “Hue” di Photoshop. bener kan, aboi bisa mengubah ke aslinya dengan gampang:


Gambar ini di kirim ke Flickr  oleh fotografer Belanda Sander Copier. Ini adalah jepretan halaman istana Soestdijk di Baarn, Utrecht (jadi ini bukan hutan, apalagi mistis). Cek cepat membuktikan bahwa rumput dan pohon pada kenyataannya adalah rumput dan pohon yg berwarna biasa.

12. “This is an Inari Fox”



13. “Baby Dragon”
Yeah, OK, kayak betulan sih

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top