GuidePedia

Sensor sidik jari dalam smartphone merupakan gebrakan revolusioner yang dilakukan oleh Apple dalam perangkat iPhone 5S miliknya. Hal ini merupakan sistem keamanan paling canggih yang pernah ada dalam smartphone selama ini.

Bagaimana tidak, hanya pemilik ponsel saja yang bisa membuka ponselnya sendiri. Hal ini dikarenakan sidik jari yang dimilikinya tentu berbeda dengan yang dimiliki oleh orang lain.

Namun begitu, dengan canggihnya teknologi ini bukan berarti sensor Touch ID tak bisa dikibuli. Tercatat, banyak kejadian di mana hewan hingga anak kecil pun mampu mengakali sistem ini.

Memangnya, bagaimana cara untuk mengakali sistem keamanan berbasis sidik jari pertama di smartphone ini? Simak ulasannya di sini:
 
1. Gunakan puting sendiri
Seperti yang dilansir oleh Metro (23/9), sebuah video YouTube yang diunggah dengan bahasa Jepang menjelaskan sebuah cara unik untuk membobol sistem keamanan paling canggih dalam iPhone 5S ini. Caranya pun tak harus repot dengan menggunakan perangkat mahal lain, cukup dengan dada.

Ya, pria ini sebelumnya telah mendaftarkan puting sebelah kanannya dalam sensor pendeteksi sidik jari. Kemudian, untuk membuka perangkatnya pun sang pria harus 'menyusui' iPhone 5S-nya terlebih dulu.



2. Gunakan jari kaki hewan peliharaan
Selain jari tangan manusia, ternyata sensor sidik jari ini juga bisa digunakan terhadap sidik jari makhluk hidup lainnya. Salah satunya adalah kucing dan anjing.

Menurut video yang dirilis Tech Crunch (20/9), sensor sidik jari iPhone 5S juga akan bekerja saat Anda menggunakan telapak kaki kucing. Hal ini dilakukan untuk antisipasi adanya pencurian sidik jari Anda (mungkin saat tertidur), maka Anda dapat menggunakan alternatif sidik jari hewan peliharaan Anda.



3. Gunakan jempol kaki
Ternyata bukan hanya sidik jari kita saja yang bisa dikenali oleh sensor Touch ID. Jari kaki manusia pun ternyata bisa digunakan untuk membuka kunci keamanan ini.

Caranya pun sama seperti saat menggunakan Touch ID untuk jari tangan. Cukup tempelkan jempol ke sensor dan iPhone pun sudah bisa dibuka.



4. Dibobol oleh anak kecil
Sebuah laporan dari Mashable (11/9) menunjukkan bahwa sistem keamanan fingerprint sensor atau sensor sidik jari yang diusung iPhone 5s ternyata bisa dibobol oleh seorang gadis kecil.

Dalam lansiran tersebut dinyatakan jika sistem keamanan sensor sidik jari dari iPhone 5S yang sudah berada sekelas dengan teknologi yang digunakan di film James Bond ini ternyata bisa dibobol dengan pemikiran sederhana dari gadis kecil tersebut.

Dia bisa membobol sistem keamanan fingerprint sensor iPhone 5S yang telah dilengkapi dengan teknologi sensor 170 microns super tipis degan resolusi hingga 500 ppi dengan hanya meminjam jempol tangan ayahnya saat sedang tertidur.

5. Gunakan lengan tangan
Hingga kini, kabar membobol sensor keamanan Touch ID iPhone 5S dengan lengan bagian bawah memang belum ditemukan kebenarannya. Namun, salah seorang blogger di Tech Crunch mengaku sudah mampu mempraktikannya dan berhasil.

Dia menyatakan bahwa pergelangan tangan dan bagian dalam di sekitar pergelangan tangan dan lengan ini bisa digunakan untuk membuka kunci keamanan dari Touch ID.

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae

Beli yuk ?

 
Top