GuidePedia

Ramadhan dan Lebaran yang identik dengan makan besar dan bersama-sama membuat beberapa makanan khas muncul di berbagai daerah. Indonesia salah satunya, memiliki banyak suku bangsa, di beberapa daerah juga dikenal beberapa kuliner khas dari daerah tertentu.

Selain bahasa, makanan khas menjadi bagian dari kekayaan budaya di Indonesia. Sebagai negara dengan mayoritas muslim, di Indonesia juga dikenal dengan berbagai budaya dalam memeriahkan lebaran, diantaranya muncul beberapa makanan khas yang sering muncul saat lebaran tiba. Berikut 5 jenis makanan dari beberapa daerah, di Indonesia.


Kicak

Sering muncul di bulan Ramadhan, kicak sangat mudah dijumpai saat Lebaran. Jenis makanan ini bisa Anda nikmati di Jogja, dengan harga hanya Rp 2500 per porsi. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli di pasar sore Kauman Jogja. Makanan ini terbuat dari ketan, kelapa muda, gula putih, nangka, dan daun pandan. Rasanya lembut dan manis, taburan parutan kelapa akan memberi rasa asin dan gurih.


Mie Glosor

Terbuat dari kunyit, mie ini memiliki warna kuning cerah yang alami. Rasanya khas dan tekstur mienya terasa sangat kenyal. Jenis makanan ini paling mudah ditemukan saat Ramadhan terutama sebagai menu berbuka puasa. Untuk memakannya, Anda harus pergi ke Bogor, tinggal tanya masyarakat setempat, lokasi pun tak susah Anda temukan.


Pakat

Makanan khas Tapanuli ini terbuat dari bahan yang unik, Rotan muda yang dibakar, akan memiliki citarasa khas, rasanya diperkuat dengan bubuhan santan. Untuk mencicipi makanan ini, silahkan membelinya di kawasan jalan Letda Sujono Medan. Selain dikonsumsi sehari-hari, Pakat juga sering menjadi menu favorit jelang Ramadhan. Untuk membelinya, Anda hanya meembutuhkan Rp500 setiap 3 potong.


Bongko Kopyor

Bukan nama minuman sepenuhnya, tapi istilah kopyor di makanan ini berarti jajanan dan makanan ringan. Terbuat dari bubur nangka dan kelapa kopyor, menu ini sering populer disantap saat Ramadhan. Untuk mendapatnyannya, Anda bisa membelinya di kawasan Manyar Gresik dengan harga hanya Rp5000 per porsi.


Sate Susu

Bukan dari susu, tapi bahan yang digunakan untuk sate kali ini berasal dari payudara (susu) sapi. Dikembangkan oleh masyarakat muslim di Bali, makanan ini kian populer berkat rasanya yang khas. Disajikan dengan sambel plecing, Anda bisa membeli sate ini Rp10.000 per 10 tusuk saat berada di Denpasar, Bali.


Oleh : Adi Cahyo
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae

Beli yuk ?

 
Top