GuidePedia


Arthropoda adalah hewan luar biasa yang meliputi serangga, arakhnida dan krustasea.Bersama-sama, mereka membuat lebih dari delapan puluh persen dari semua spesies di planet ini sehingga hanya alam yang ada contoh benar-benar indah dan aneh makhluk ini. Daftar ini akan detail sepuluh arthropoda aneh di Bumi,dikutip dari Listverse:


10.Kumbang kura-kura emas



Kumbang kura-kura emas ( Charidotella sexpunctata ) yang umum di banyak tempat di seluruh dunia, termasuk bagian timur Amerika Utara , dan ditemukan pada tanaman keluarga Convolvulaceae, yang diolah (termasuk ubi jalar dan kemuliaan pagi), yang hanya tumbuhan inangnya. Mereka berkisar dari 5 sampai 7 mm. 


Mereka bisa berubah warna, tampak pada awalnya seperti permata kecil, atau kepik emas, tetapi dapat mengubah reflektifitas kutikula sehingga lapisan luar menjadi jelas, mengungkapkan kumbang jenis warna merah dengan bintik-bintik hitam. Perubahan warna ini dilakukan dengan katup mikroskopis mengendalikan tingkat kelembaban di bawah shell. Berbagai populasi kumbang ini juga memiliki tanda hitam menutupi warna yang mendasari untuk berbagai derajat, dan itu adalah variasi dalam penampilan yang telah menyebabkan penggunaan beberapa nama untuk spesies ini. Sangat sedikit informasi biologis mereka dikenal tetapi dalam banyak kasus mereka muncul untuk menjadi spesies tahunan, muncul dalam Mei atau Juni dan bertelur mereka segera setelah. 


Dewasa baru muncul pada bulan Juli untuk memberi makan sebelum memasuki dormansi sampai musim semi berikutnya. Siklus ini diubah di Florida dan tidak diketahui berapa banyak generasi yang lahir setahun. Pestisida standar dapat digunakan untuk mengontrol kumbang tetapi jarang diperlukan.


9.Tiger Beetle 




Asli Australia adalah spesies super cepat dari harimau kumbang -Cicindela hudsoni-yang merupakan hewan tercepat di planet secara relatif. Kumbang mencapai kecepatan hingga 5,6 mil per jam atau 2,5 meter per detik. Ini adalah setara dengan berlari manusia di 480 mil per jam! Pada kecepatan penuh, kumbang kehilangan pandangan sehingga itu harus dijalankan dalam semburan kecil ketika berburu mangsa.

Harimau kumbang adalah predator yang sangat agresif dan yang kecepatan-bersama dengan besar, rahang kuat-memungkinkan untuk menangkap dan membunuh serangga dan laba-laba kecil dengan mudah dalam lingkungan padang pasir. The larva kumbang sama-sama mematikan dan mereka mengubur diri dalam tanah. Ketika mangsa kecil lewat, larva melompat keluar dari tempat persembunyian mereka dan menangkap mereka dengan rahang besar mereka. Mangsa tersebut kemudian diseret ke dalam lubang dan dimakan. 


Namun, ada masalah dengan jenis predasi. Jika tawon mengganggu sarang larva, ia akan menghindar dari jalan dan menghindari dimakan. Hal ini kemudian akan masuk ke dalam liang sarang dan melumpuhkan larva sebelum bertelur di dalam korban. Kemudian tawon segel pintu masuk sarang. Telur menetas dalam tawon larva dan secara bertahap memakannya sampai mereka meledak keluar dari kulit untuk melanjutkan siklus hidup mereka.


8.Asp Caterpillar




Sebuah spesies endemik Amerika Utara, asp ulat- Megalopyge opercularis -terlihat cukup berbahaya. Namun, harus diperlakukan dengan sangat hati-hati karena memiliki racun yang sangat kuat dan merupakan salah satu ulat yang paling beracun di Amerika Utara. Pada akhir rambut berbulu berbaring tajam, duri beracun yang menembus kulit dan dapat menyebabkan reaksi alergi yang ekstrim seperti radang, lecet, sakit kepala, mual dan kesulitan bernafas. Gejala ini dapat berlangsung selama beberapa hari.

Banyak kasus cedera telah dilaporkan di Amerika Serikat selama bertahun-tahun-luka terjadi terutama pada anak-anak ketika mereka mencoba untuk mengambil makhluk ini. The asp ulat tumbuh dua sentimeter panjang orang dewasa adalah flanel ngengat dikerutkan, yang juga memiliki penampilan aneh.


7.Thorn Bug




The duri bug -Umbonia crassicornis-yang-disebut karena pronotum diperbesar nya yang dalam banyak spesies menyerupai duri. Namun, fitur ini bervariasi di seluruh spesies yang berbeda dari duri bug. Adaptasi ini telah dikembangkan untuk melindungi terhadap bug predator, meniru duri pada tanaman mereka berkembang pada. Duri bug menembus tanaman batang dengan paruh mereka, yang hidup atas bagian dalam getah. 


Ada banyak spesies duri bug yang ditemukan di seluruh dunia dan mereka telah sekitar selama hampir empat puluh juta tahun. Spesies yang paling umum dan luas adalah Umbonia crassicornis dan ditemukan di Florida, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Mereka dapat tumbuh hingga panjang 10 milimeter .

6.Scorpionfly




Umum scorpionfly -Panorpa communis-adalah asli ke Eropa Barat dan memakan serangga mati atau sekarat, nektar dan busuk buah. Mereka juga telah diamati mencuri serangga dari jaring laba-laba. Lalat cenderung tumbuh menjadi sekitar 25 milimeter panjang dengan lebar sayap 35 milimeter.

Bagian belakang yang terlihat seperti kisah kalajengking sebenarnya alat kelamin lebih dari ukuran lalat jantan. The scorpionfly dikenal untuk kawin ritual aneh mereka di mana perempuan memilih pasangannya dari hadiah terbaik yang laki-laki membawanya. Ini biasanya serangga atau massa air liur. Meskipun terlihat cukup menyeramkan, yang scorpionfly dan 'stinger' benar-benar berbahaya.


5.Tongue-Eating Louse 




Cymothoa exigua -adalah salah satu parasit paling menjijikkan dikenal manusia. Kutu ini ditemukan di Teluk California dan memasuki inangnya (yang tutul mawar kakap) melalui sirip. Beberapa kutu laki-laki memasuki ikan sekaligus dan kemudian salah satu dari ini akan berkembang menjadi seorang wanita. Betina kemudian akan melakukan perjalanan ke mulut host di mana melekat ke dasar lidah. Suplai darah organ terputus, menyebabkan ia mati dan lepaskan.

Sekarang tindakan parasit seperti lidah ikan dengan mengikat otot yang tersisa. Ini feed off darah host dan juga ganggang dan lendir yang dikumpulkan dalam mulutnya. Dan bagaimana dengan kutu lainnya? Yah, mereka tetap dalam ikan insang ruang dan kadang-kadang dapat meninggalkan rumah baru mereka untuk kawin dengan betina. Tuan rumah ikan dapat hidup dengan parasit selama bertahun-tahun dan terlepas dari kerusakan pada lidah, tetap relatif tidak terluka. Lidah-makan kutu adalah parasit hanya dikenal yang menggantikan organ inangnya.

4.Giraffe Weevil




Makhluk mencari luar biasa adalah jerapah kumbang- Trachelophorus giraffa -yang asli ke pulau Madagaskar. Ini ditemukan pada tahun 2008 dan tumbuh sampai 25 milimeter panjang. Ini memiliki tubuh hitam dengan kasus sayap merah. Bug mendapatkan namanya dari leher yang sangat panjang yang menyerupai jerapah. Para ilmuwan percaya bahwa ini merupakan adaptasi untuk berkelahi dan membangun sarang. 


Leher pria bisa sampai tiga kali lebih lama sebagai perempuan kumbang itu. Yang juga menarik tentang jerapah kumbang adalah teknik bertelur nya. Betina akan menggulung daun, kemudian berbaring satu telur di dalamnya. Kemudian memotong gulungan daun dari daun yang tersisa untuk mempersiapkan telur untuk menetas. Daun memberikan perlindungan dan pasokan makanan untuk kumbang penggerek muda.

3.Kaki seribu Sianida



The Sianida millipede- Harpaphe haydeniana -adalah kimia dari dunia arthropoda. Kaki seribu ini menghasilkan hidrogen sianida (HCN) untuk memburu mangsa dan untuk melindungi diri terhadap ancaman apapun. Zat ini mematikan telah terbukti sangat efektif dan sebagai hasil dari adaptasi ini, kaki seribu memiliki sangat sedikit predator alami.

Menyimpan HCN sangat kompleks. Jika disimpan pada suhu kamar, itu bisa membahayakan kaki seribu tersebut. Jadi, bukannya menyimpan zat ini, kaki seribu sianida menyimpan dua bahan kimia lainnya, (mandelonitrile dan benzoil sianida) di berbagai segmen tubuhnya. Ketika perlu untuk melepaskan sianida, ruang terbuka dan campuran bahan kimia yang berbeda. Gas tersebut terlontar dari jutaan pori-pori seluruh tubuh di mangsanya atau pertahanan terhadap predator. Kaki seribu menghasilkan sampai dengan 0,6 miligram HCN, yang dapat membunuh tikus, predator kumbang dan setrum predator yang lebih besar.

Kaki seribu ini ditemukan di pantai barat Amerika Utara dari California ke British Columbia dan tumbuh sampai lima sentimeter panjangnya.


2.Giant Water Bug




Raksasa air bug -Kirkaldyia deyrolli-kebanyakan ditemukan di Asia Timur, Australia dan Amerika. Bug ini adalah beberapa yang terbesar di dunia (berukuran hingga lima belas sentimeter panjang) dan berburu ikan kecil dan amfibi. Mereka juga dikenal untuk mengkonsumsi ular dan kura-kura. Mereka menunggu di bawah sungai dan danau air tawar untuk mangsanya. Ketika makanan potensial datang oleh, bug air raksasa menyuntikkan cairan pencernaan kuat ke dalamnya sehingga bagian dalam mangsa beralih ke cair untuk konsumsi mudah. Bug memiliki salah satu gigitan yang paling menyakitkan di dunia serangga.

Bug laki-laki mengambil peran yang sangat aktif dalam reproduksi. Sekitar tujuh ratus telur diletakkan pada sayap laki-laki dan tinggal di sana sampai mereka siap untuk menetas. Telur ini dapat dilihat dengan jelas pada gambar di atas. Bug raksasa air digunakan dalam masakan Asia dan merupakan makanan ringan yang populer di Thailand. Feromon itu mensekresikan digunakan dalam produksi saus yang mahal.


1.Assassin Bug




Para pembunuh bug -Reduviidae-memiliki teknik berburu mengagumkan di mana ia menangkap dan mengkonsumsi laba-laba dengan bertindak sebagai mangsanya. Memasuki web curiga arakhnida dan mulai memetik senar untuk meniru bug atau lalat. Laba-laba kemudian meninggalkan tempat persembunyiannya untuk mengambil makanannya. Ketika mendekati, bug pembunuh terjun, moncong panjang yang tajam ke dalam makhluk-merilis sebuah racun mematikan yang melumpuhkan itu. 


Racun ini juga mulai mencerna laba-laba sehingga kepik pembunuh dapat minum cairan di dalam-proses yang disebut pencernaan ekstra oral (bug air raksasa feed dengan cara yang sama). Perilaku bug dikenal sebagai mimikri agresif. Setelah makan, bug pembunuh memakai tubuh korban sebagai semacam baju besi. Hal ini juga menempatkan bug mati di punggungnya untuk membingungkan dan menakut-nakuti predator potensial. Dalam foto di atas, ada lebih dari dua puluh semut di atas makhluk.

Pembunuh bug merayap di banyak serangga lain dan bahkan telah menyerang kelelawar. Bergerak tak terduga untuk meniru angin dan menggunakan antenanya, yang selama tubuhnya, untuk mendeteksi perubahan lingkungan. Anda dapat menonton kepik pembunuh dalam tindakan di sini .

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI ! 
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top