GuidePedia

Siapa sih yang tak ingin panjang umur dan sehat? Sayangnya tak banyak yang tahu rahasia jitu untuk mendapatkannya. Dengan motivasi yang sama, sekelompok peneliti pun mencoba menengok kehidupan populasi orang-orang berumur terpanjang di dunia yang tinggal di Yunani yaitu masyarakat Pulau Ikaria untuk mendapatkan rahasia panjang umur mereka.

Seperti pernah ditulis sebelumnya, penduduk pulau ini tercatat memiliki umur terpanjang di dunia. Rata-rata setiap orang yang tinggal di pulau tersebut usianya mencapai 100 tahun. Dari situ peneliti pun menyimpulkan bahwa rahasia masyarakat Pulau Ikaria adalah kopi Yunani.

Kesimpulan itu diperoleh setelah tim peneliti yang dipimpin oleh Gerasimos Siasos, doktor dan profesor di bidang kedokteran dari University of Athens Medical School, Yunani merekrut 71 pria dan 71 wanita dari Pulau Ikaria yang berusia antara 66-91 tahun untuk terlibat dalam studi mereka. Ternyata 87 persen partisipan rutin minum kopi Yunani dengan komposisi 40 persen konsumsi kopi dalam jumlah 'rendah', 48 persen 'sedang' dan 13 persen 'tinggi' setiap harinya.

Setiap partisipan juga diminta menjawab kuesioner tentang gaya hidup, kondisi kesehatan secara umum dan konsumsi kopinya. Tak hanya itu partisipan pun menjalani screening kesehatan secara rutin, termasuk pengukuran tekanan darah, kadar kolesterol, pengecekan risiko diabetes dan fungsi sel endotelial-nya.

Hasilnya, dibandingkan dengan orang yang minum kopi biasa, fungsi sel endotelial peminum kopi Yunani terlihat jauh lebih baik, bahkan diantara orang yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sel endotelial adalah sel-sel yang membentuk jaringan bernama endotelium di dalam pembuluh darah. Jika sel ini 'sehat' maka pembuluh darah juga ikut sehat, artinya dapat berkontraksi dan berelaksasi secara normal. Lain halnya jika pembuluh darah 'sakit' maka penyakit seperti diabetes, serangan jantung, stroke dan masalah kronis lainnya akan mudah menyerang.

Bahkan yang tak kalah mengejutkan, kopi Yunani diketahui tidak memberikan dampak negatif apapun terhadap tekanan darah orang yang mengonsumsinya. Untuk memastikannya, peneliti telah membandingkan kondisi orang yang meminum berbagai jenis kopi, termasuk kopi instan, kopi rebus, 'cappuccino' atau kopi yang telah disaring.

"Kopi Yunani kaya akan polifenol dan antioksidan serta hanya mengandung kafein dengan kadar sedang. Tampaknya ketiga hal itu telah memberikan kombinasi manfaat yang tak dimiliki kopi lainnya," tandas Siasos seperti dilansir emaxhealth, Kamis (21/3/2013).

Tak hanya kopi, peneliti juga menemukan bahwa masyarakat Ikaria mengonsumsi obat-obatan herbal, teh dan madu yang hanya ada di pulau tersebut dan tidak ditemukan di tempat lain di penjuru dunia, serta memiliki kadar stres yang rendah. Bisa jadi konsumsi bahan-bahan itulah yang menjadikan masyarakat Pulau Ikaria menjadi orang-orang dengan harapan hidup terpanjang di dunia.



Beli yuk ?

 
Top