GuidePedia


Halo aboi-amboi yang cantik dan sedikit ganteng..
Aboi pernah liat angin tornado? Mungkin bisa liat film hollywood yg berjudul Twister Twister:

Aboi bisa lihat kalo angin Tornado punya tenaga yang sangat dahsyat sampe bisa mencabut pohon besar dari akarnya dan melemparnya ke langit. Nah bayangkan kalo tenaga sebesar itu, dimanfaatkan untuk menggerakan turbin yang menghasilkan tenaga listrik.!

Nah itu yang dilakukan oleh para peneliti asal Kanada, pembangkit listrik tenaga Tornado, tapi bukan sembarang Tornado, karena yang dipakai disini adalah Tornado yang terkendali atau disebut dengan Vortex.  Mesinnya disebut dengan Atmospheric Vortex Engine (AVE)


Mesin AVE:

Prinsip cara kerjanya

Udara hangat ke dalam wadah sirkular, mengakibatkan adanya perbedaan suhu antara udara yang dipanaskan dan atmosfer diatasnya sehingga membentuk aliran Vortex (Tornado yang terkontrol).

Vortex:


Vortex yang terbentuk akan menggerakan Turbin
AVE:


Pergerakan Turbin akan menghasilkan energi yang listrik

Simpel kan gan prinsipnya. Kelebihan Mesin ini Ramah lingkungan, tidak menghasilkan emisi karbon (bandingkan dengan energi dari bahan bakar fosil). Murah!!, biaya yang dibutuhkan per KwH hanya $0.03 atau sekitar 300 rupiah per KwH . Sumber panas bisa menggunakan limbah pabrik, pemanas udara, dll..

Mesin AVE berdiameter 200 meter, bisa menghasilkan listrik hingga 200 megawatt  , kalo kebutuhannya ga segede itu, ya bisa bikin mesin yang lebih kecil lagi

AVE :


AVE kalo dibikin di pabrik2 nih boi:



Jadi bayangkan kalo setiap pabrik di negara kita, menggunakan mesin ini, sudah pasti bisa mengurangi kebutuhan bahan bakar dan menghemat total biaya produksi, jadinya Pabrik mampu gaji karyawannya lebih gede boi...

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top