GuidePedia



Oleh: Izzaniskala

Sebuah Kuil biasanya merupakan bangunan suci yang memiliki struktur kuat sehingga dapat membuat nyaman para pendeta dan umat ketika beribadah. Seperti Kuil Akshardham yang berada di New Delhi yang selesai dibangun pada 2008 lalu, dan Kuil Putih di Chiang Rai, Thailand yang masih dalam proses pembangunan. Namun meski bermunculan kuil-kuil yang dibangun di era modern, kuil-kuil tua di dunia masih ada beberapa yang masih berdiri kokoh yang membuktikan kekuatan teknologi arsitektur di zamannya. Seperti kuil-kuil yang ada di Mesir, Italia dan Yunani. Wisbenbae merangkum 5 kuil tertua selain di Mesir:

1. Kuil Istana Knossos

Kuil Tertua di Dunia
Kuil Istana Knossos 
Kuil istana Konossos terletak 5 Km dari selatan Heraklion, kuil ini merupakan bangunan penting dan terkenal kompleks istana Minoa di Crete. Istana besar ini dibangun secara periodik kira-kira pada tahun 1400-1700 sebelum masehi, dan pernah mengalami kerusakan akibat peristiwa kebakaran. Istana megah ini memiliki ruang keluargan, kamar tamu, ruang kerja, tempat beribadat dan gudang penyimpanan. Namun fungsi sebenarnya dari Kuil Istana Knossos ini masih diperdebatkan, apakah digunakan sebagai pusat pemerintahan atau keagamaan. Kuil Knossos ini selalu dikait-kaitkan dengan legenda pahlawan Athena, Theseus yang membunuh Minotaur.

2. Göbekli Tepe

Kuil Tertua di Dunia
Göbekli Tepe
Göbekli Tepe merupakan bangunan yang memiliki dua predikat, sebagai kuil pertama ataupun tertua di kawasan Turki. Göbekli Tepe merupakan kuil yang dibangun dikawasan Turki bagian selatan, dikelilingi oleh bangunan-bangunan khas era megalitikum. Dinding bangunan yang masih belum sempurna dari bahan batu kering dan beberapa pilar monolitik berbentuk T setinggi 3 meter. Di kabarkan bahwa Göbekli Tepe dibangun oleh para pemburu pada abad ke 10 sebelum masehi, membuat keberadaannya semakin rancu untuk disebut sebagai bangunan yang tertua, karena tidak saja ditemukan barang-barang tembikar, karena ditemukan pula beberapa tulisan-tulisan. Sehingga apakah mungkin bangunan tersebut dibangun sebelum manusia di Turki mengenal sistem pertanian dan peternakan.

3. Kuil Ggantija

Kuil Tertua di Dunia
Kuil yang terletak di bukit Pulau Gozo ini dikenal dengan Kuil Zaman Batu Ggantija yang dibangun pada zaman prasejarah yakni 3.600 hingga 3000 sebelum masehi. Kuil Ggantija merupakan kuil yang dibangun pada zaman megalitikum di Malta, bahkan 1000 tahun sebelum piramid di Mesir dan Stonehenge di Inggris. Monumen megalitikum ini memiliki dua bangunan kuil, dibangun secara berdampingan dan menyatu dengan tembok pembatas. Di dalam kuil ini terdapat beberapa sosok arca dan patung yang menunjukkan bahwa kuil ini merupakan tempat pemujaan untuk mendapatkan kesuburan atau keturunan. Kuil yang terdapat di Malta ini merupakan yang tertua di Eropa.

4 Hagar Qim dan Mnajdra

Kuil Tertua di Dunia
Masih dari kawasan Malta, terdapat sebuah komplek megalitikum Hagar Qim yang berada di kawasan tebing di sudut pulau, sementara di bawahnya terdapat sebuah kuil yang dikenal dengan Mnajdra. Kuil Mnjadra memiliki ketinggian 600 meter hingga ke bawah tebing, semantara Kuil di Hagar Qim tersusun dari beberapa kuil dan tiga bangunan megalitikum yang ada di sampingnya. Bangunan Hagar Qim memiliki tinggi 7 meter dan berat sekitar 20 ton. Kuil Mnajdra tidak kalah indahnya tiga kuil yang sejajar namun tidak saling berhubungan. Kuil yang tertua dibangun pada 3.600 dan 3.200 sebelum masehi. Banyak penemuan artefak yang menunjukan bahwa kuil ini digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan bukan sebagai sebuah makam.

5. Hypogeum

Kuil Tertua di Dunia
Di urutan terakhir terdapat Hypogenum yang juga terletak di kawasan Malta, namun yang membedakannya adalah lokasinya yang berada di dalam bumi. Kuil ini memiliki ruangan aula, kamar bilik, dan terowongan dinding batu yang digali dan dipahat. Kuil yang satu ini berfungsi sebagai komplek peribadahan, namun pada zaman prasejarah digunakan sebagai komplek pemakaman. Komplek kuil ini memiliki tiga tingkatan, paling atas dibangun pada 3.000-3.600 sm, tingkat menengah dibangun pada 3.300-3000 sm dan terakhir paling bawah pada 3.150-2.500 sm. Untuk bangunan paling bawah memiliki kedalaman 10 meter ke dalam bumi. Namun untuk dapat menikmati keindahan bangunan ini, pihak pemelihara membatasi jumlah pengunjung bahkan tiketnya saja harus dipesan 2-3 minggu sebelumnya.(**)

Sumber: touropia.com, uniknya.com, Desember 2012.


Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top