GuidePedia

0

Sepur Kluthuk Jaladara merupakan rangkaian lokomotif uap kuno dengan dua gerbong wisata. Lokomotifnya di buat oleh Maschinenbau Chemitz Jerman pada tahun 1896, sedangkan gerbongnya dibuat dengan bahan baku utama kayu jati pada tahun 1906. Kereta ini di bawa ke Solo pada tanggal 10 September 2009 setelah sebelumnya di ujicoba di Ambarawa. Sepur Kluthuk Jaladara mulai beroperasi pada tanggal 27 September 2009 setelah dioperasikan oleh Menhub [waktu itu] Jusman Syafii Djamal. Sebelum menjadi kereta wisata di Solo, kereta ini berada di museum kereta api Ambarawa.



Nama Jaladara berasal dari kereta pusaka milik dewa yang dihadiahkan kepada Kresna untuk menjadi kendaraan yang digunakan membasmi kejahatan. Dengan menggunakan nama sepur kluthuk jaladara diharapkan kereta wisata ini akan memberikan kebahagiaan, kesejahteraan dan mengangkut penumpang dengan selamat.

Dalam seminggu, kereta ini melayani penumpang dua kali, Sabtu sore jam 16.30 dan Minggu pada jam 10.00. berangkat dari stasiun Purwosari. Dan pada tahun 2010 kereta ini hanya akan berjalan pada hari-hari libur nasional (long weekend) atau libur sekolah.


Harga tiket Sepur Kluthuk Jaladara dibagi berdasarkan KTP calon penumpang, untuk penumpang ber KTP Solo harga tiket Rp. 30.000,00, untuk yang berKTP karesidenan Surakarta harga tiket Rp. 100.000,00 dan KTP lainnya harga tiket RP 200.000,00. Karena memiliki KTP diluar Solo dan Karesidenan Surakarta, harga tiketnya Rp. 200.000,00 untuk dewasa dan Rp. 100.000,00 untuk anak-anak..



Pukul 19.30, kereta balik menuju stasiun Purwosari. Secara keseluruhan perjalanannya menyenangkan, harga tiket affordable dibandingkan dengan keeksklusifan naik sepur kluthuk, pelayanan yang ramah dan baik, hiburan sepanjang perjalan dan tempat pemberhentian, serta makan malam yang lezat. Reccomended untuk mengikuti paket wisata ini.

Jam 20. 00 sampai di stasiun Purwosari, berakhir sudah perjalanan selama 3,5 jam dengan Sepur KLuthuk Jaladara. Sebuah pengalaman yang mengesankan, dan layak dicoba oleh siapapun juga.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top