GuidePedia

0

http://www.dirtykitchens.com/images/12.jpg
Memasak ikan, makanan pedas (apalagi yang dibumbui dengan terasi) dan ragam penganan berbumbu lainnya bisa meninggalkan bau kurang sedap baik di dapur maupun rumah Anda.

KapanLagi.com - Memasak ikan, makanan pedas (apalagi yang dibumbui dengan terasi) dan ragam penganan berbumbu lainnya bisa meninggalkan bau kurang sedap baik di dapur maupun rumah Anda.

Cara termurah untuk mengusir bau tak sedap yang ditimbulkan adalah dengan membiarkan bau itu hilang dengan sendirinya, namun cara ini tentu saja tidak mungkin diterapkan jika Anda bakal kedatangan tamu dalam segera.

Oleh karena itu, beberapa saran berikut mungkin bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengusir bau yang tak diinginkan dari hunian Anda.

Segera bersihkan meja dapur, kompor, bahkan lantai bila perlu, dari bekas tumpahan atau 'cipratan' masakan. Jika bercak-bercak makanan tersebut tidak segera dibersihkan, maka bau tak sedap tersebut akan tetap ada.

Gunakan sepon basah dan air sabun untuk membersihkan seluruh permukaan kompor dan meja, khususnya yang telah digunakan, dan pel lantai dengan menggunakan obat pembersih lantai aromaterapi. [break]

Selain itu, sedapat mungkin segera cuci bersih semua alat masak, piring, sendok, dan lain-lain, agar tempat cuci piring juga bersih dari sisa-sisa makanan. Jangan lupa untuk membuang sampah keluar rumah agar tidak membusuk dan menimbulkan bau tak sedap di dalam rumah.

Bukalah jendela dan pintu dapur (yang terhubung ke luar rumah) agar sirkulasi udara di dalam dapur menjadi lancar dan bau bisa cepat hilang. Kipas angin juga bisa membantu untuk mempercepat hilangnya bau.

Selain itu, Anda juga bisa menyeduh kopi atau memanggang roti. Bau sedap aroma kopi, kue cokelat, roti, pie apel, atau kue karamel bisa mengusir bau tak sedap dapur Anda dengan cepat. [break]

Gunakan penyegar ruangan atau penghilang bau. Anda juga bisa menyalakan lilin aromaterapi.

Anda juga bisa mengusir bau dengan aromaterapi bikinan sendiri.

Didihkan bunga rampai. Campur air, kulit/potongan jeruk, sedikit cengkeh, kayu manis batang, dan rosemary dalam pot atau periuk kecil selama beberapa jam. Tambahkan air bila perlu agar campuran tidak kurang air. Tambahkan wewangian/rempah favorit Anda bila suka.

Anda juga bisa mendidihkan cuka dan potongan jeruk. Campurkan satu bagian cuka dengan satu bagian air, lalu masukan satu atau dua potongan jeruk ke dalam periuk dan didihkan selama beberapa jam. Molekul-molekul hasil penguapan cuka tersebut bisa menetralkan molekul bau yang beredar di udara dapur. Setelah mendidih, biarkan campuran cuka di udara terbuka hingga beberapa jam kemudian. Selamat mencoba! (ehow/meg) (Kapanlagi.com)

Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top