GuidePedia

0
Bersiap-siap untuk kejutan lain dari Ethan dan Joel Coen. Kali ini sebuah western yang diangkat dari novel Charles Portis yang berjudul ‘True Grit’ (1968). Sebuah perjalanan menembus kejamnya belantara barat yang tidak mengenal kasihan. Hanya mengandalkan kebulatan tekad untuk bertahan hidup. Uniknya, ditengah dunia yang keras seperti itu, tumbuh persahabatan tulus yang dipenuhi kasih sayang antara beberapa insan, meski bentuk hubungan mereka mungkin tidak seindah yang kita bayangkan. True Grit 2010

Memang, novel ‘True Grit’ pada tahun 1969 pernah diadaptasi menjadi sebuah film yang dibintangi oleh John Wayne. Akan tetapi adaptasi Coen Bersaudara murni berdasarkan novelnya, bukan lantas menjadi remake film tersebut, seperti banyak yang diperkirakan orang. Bercerita tentang Mattie Ross (Hailee Steinfield), seorang gadis berumur 14 tahun yang ingin membalaskan dendam ayahnya yang tewas ditangan penjahat kakap Tom Chaney (Josh Brolin). Meski masih sangat belia, Mattie ini adalah sosok yang sangat determinatif dan berkemauan keras. Dengan sangat persisten mencari orang yang bisa membantunya menemukan Chaney.

Sampai ia bertemu dengan Rooster Cogburn (Jeff Bridges), seorang Deputy Marshal yang terkenal keras dan telengas. Meski ada pilihan nama lain, Mattie bersikeras memilih Cogburn, karena merasa sosok Cogburn-lah yang tepat untuk menangkap Chaney. “You’re a man with a true grit!” demikian ungkap Mattie kepada Cogburn. Meski awalnya menolak, akhirnya Cogburn pun mau bekerjasama dengan Mattie.

Hubungan antara Cogburn dan Mattie awalnya sulit terjalin. Masing-masing bersifat keras kepala. Dan perjalanan mereka mengejar Chaney bertambah semarak dengan masuknya seorang Texas Ranger bernama La Boeuf (Matt Damon) yang juga mengejar Chaney. Pada akhirnya, ketiga karakter yang bisa dikatakan tidak cocok antara satu sama lain ini pun perlahan masing-masing menemukan konsolasi.

http://www.cinemablend.com/images/reviews/4666/True_Grit_2010__12869440356585.jpg

Menyaksikan True Grit itu seperti bukan sedang mencerna tipikal Coen Bersaudara biasanya. ‘True Grit’ bisa dikatakan salah satu film Coen yang paling sederhana, tidak mengandalkan humor yang memerlukan nalarisasi yang tebal, atau karakter-karakter “ajaib”. Semuanya terasa normal dan laid-back. Jujur, atmosfir yang didapat adalah seperti menyaksikan seri ‘Little House in The Praire’. Terasa hangat dan bersahabat. Hanya saja dengan ditambahkannya senjata dan kematian di dalamnya, menjadikan tone film terasa lebih pucat dan kelam.

Tapi yang tak bisa dinafikan ini sebagai film Coen bersaudara adalah dengan hadirnya dialog-dialog witty yang menggelitik serta adegan-adegan jenaka yang memancing tawa. Sekali lagi, jika awam dengan karya Coen bersaudara, akan mengerti jika komedi yang dihadirkan cenderung dalam bentuk sarkasme tanpa bermaksud melucu. Sebuah sindiran yang halus namun terasa mengusik. Dan ‘True Grit’ menawarkan itu.

‘True Grit’ seolah mengembalikan kita pada kenangan menonton film-film western klasik yang dulu begitu kita cintai. Lanskap yang dengan begitu detil menangkap kesuraman namun tidak melupakan betapa indahnya pemandangan California, tempat dimana film ini berseting. Coen Bersaudara juga dengan sangat intim menangkap memoria tersebut dengan mempertahankan penggunaan dialek yang membuat kita bisa langsung mengasosiasikan film ini dengan kejayaan film-film klasik tersebut.

Apalagi ‘True Grit’ didukung oleh barisan pemain kelas A, seperti Jeff Bridges, Matt Damon dan Josh Brolin, yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menerjemahkan karakter mereka menjadi sosok yang sangat meyakinkan dan masuk akal. Namun yang menjadi pencuri perhatian dalam film ini justru si kecil Hailee Stenfield, yang dengan sangat fasih menampilkan seorang gadis 14 tahun yang sangat artikulatif namun tidak terlihat sok-dewasa, karena masih mempertahankan kenaifan seorang anak-anak, meski mempunyai pola fikir yang sangat matang untuk usianya. Hailee begitu gemilang dalam mentransformasikan dirinya, sehingga susah untuk tidak menyintai karakter Mattie Ross yang diperankannya. Berhati-hatilah Chloe Moretz, Ms. Steinfield dengan potensi yang sama besarnya, jelas adversary utama kamu.

Dengan ‘True Grit, sekali lagi Ethan dan Joel Coen membuktikan jika mereka adalah jenis sutradara yang sangat versatil. Mampu menangani materi yang berbeda-beda dengan hasil yang tetap prima dalam kualitas tanpa harus kehilangan ciri khas yang menjadi kekuatan utama mereka. Menyaksikan ‘True Grit’ adalah menyaksikan sebuah pengalaman yang indah meski dalam bentuk yang cenderung kasar dan liar. Karena apa yang tersemat di dalam, akan terasa lebih bermakna dari apa yang tampak diluar. Bukankah seperti itu?
http://jalangfilm.wordpress.com.

http://jalangfilm.files.wordpress.com/2011/01/truegrit.jpg?w=490&h=290
Trailer True Grit (2010)




A tough U.S. Marshal helps a stubborn young woman track down her father's murderer.
Directors:
Ethan Coen, Joel Coen
Writers:
Joel Coen (screenplay), Ethan Coen (screenplay),

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFxOWFvvBpAYPp8p-tWZxJnO9MyLWoMHpcDqMEQvDvDoQm8udyCxidElweLRvwdR8vv0mgaxM0jZ2fvw45odhMA91FY1ov-9siDLHYHFqYR_kNgzyZ7DSdBDks_P7B6j_pSihIXQ/s320/True-Grit-image-10392.jpg
Storyline

Following the murder of her father by hired hand Tom Chaney, 14-year-old farm girl Mattie Ross sets out to capture the killer. To aid her, she hires the toughest U.S. marshal she can find, a man with 'true grit,' Reuben J. 'Rooster' Cogburn. Mattie insists on accompanying Cogburn, whose drinking, sloth, and generally reprobate character do not augment her faith in him. Against his wishes, she joins him in his trek into the Indian Nations in search of Chaney. They are joined by Texas Ranger LaBoeuf, who wants Chaney for his own purposes. The unlikely trio find danger and surprises on the journey, and each has his or her 'grit' tested.

Details
Official Sites: Paramount [United States] | Add/edit official sites »
Country: USA
Language: English
Release Date: 22 December 2010 (USA)

Box Office
Budget: $38,000,000 (estimated)
Opening Weekend: $24,850,000 (USA) (26 December 2010) (3047 Screens)
Gross: $110,035,157 (USA) (9 January 2011)

Technical Specs
Runtime: 110 min
Sound Mix: SDDS | DTS | Dolby Digital
Color: Color
Aspect Ratio: 2.35 : 1

http://moviesmedia.ign.com/movies/image/article/113/1139365/true-grit-2010-20101209113109889_640w.jpg

-actors
-in True Grit (2010)
Jeff Bridges
Rooster Cogburn
Hailee Steinfeld
Mattie Ross
Matt Damon
LaBoeuf
Josh Brolin
Tom Chaney
Barry Pepper
Lucky Ned Pepper
Dakin Matthews
Col. Stonehill
Jarlath Conroy
Undertaker
Paul Rae
Emmett Quincy
Domhnall Gleeson
Moon (The Kid)
Elizabeth Marvel
40-Year-Old Mattie
Roy Lee Jones
Yarnell
Ed Corbin
Bear Man
Leon Russom
Sheriff
Bruce Green
Harold Parmalee
Candyce Hinkle
Boarding House Landlady

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top