GuidePedia

 
Jika ditanya siapa band yang masih berjaya setelah puluhan tahun berkarier, tak banyak pilihan yang bisa Anda ajukan. Salah satunya mungkin Rolling Stones. Band ini telah menjual 200 juta keping album, dan menghasilkan keuntungan lebih dari 2 milyar dollar sejak 1989, dengan keuntungan lebih dari 500 juta dollar hanya dari turnya yang terakhir. Memang, meskipun para personelnya hampir memasuki usia 70 tahun, mereka tetap tampil menghibur jutaan penggemarnya di seluruh dunia.

Dari band yang digawangi si bengal Mick Jagger ini, Anda juga bisa mendapatkan beberapa pelajaran mengenai keuangan pribadi yang sangat bernilai. Tidak percaya? Lihat buktinya:

Jadilah pemilik karier Anda sendiri
Para rocker gaek ini telah mendirikan perusahaan rekaman mereka sendiri. Tujuannya, agar lebih bebas dalam hal kreatifnya, dan menciptakan pembagian keuntungan yang lebih besar untuk mereka sendiri. Anda tentu tahu, dalam industri musik seringkali pemusik tidak mampu mendapatkan kebebasan dalam berkarya (karena perusahaan rekaman pasti menginginkan lagu-lagu yang komersial). Di lain pihak, sudah banyak pula cerita mengenai para musisi yang tidak mendapatkan pembagian yang fair dari penghargaan atas karya kreatif mereka.

Maka, Rolling Stones ingin Anda berpikir sebagai pemilik karier Anda sendiri, bukan sekadar karyawan dari perusahaan Anda. Tak peduli apapun yang terjadi pada perusahaan, Anda perlu memiliki ketrampilan yang diperlukan agar dapat melayani Anda dengan baik pada setiap pemberi kerja. Sama halnya dengan Rolling Stones yang tidak ingin tergantung pada perusahaan rekaman tertentu, dan mencoba mengelola karier Anda tanpa perlu tergantung pada satu pemberi kerja saja. Salah satu pekerjaan terbaik adalah yang memberikan keamanan dalam hal fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi untuk berubah.

Tidak besar pasak daripada tiang

Meskipun dikenal menjalani gaya hidup yang mewah, para personel band ini memiliki kondisi keuangan yang baik. Mereka menghabiskan banyak uang untuk rumah dan mobil mewah, namun mereka memang punya penghasilan lebih banyak lagi. Mick Jagger, misalnya, meskipun telah menghambur-hamburkan uangnya selama ini, namun kekayaan pribadinya diperkirakan lebih dari 300 juta dollar. Hikmah yang bisa kita ambil: meskipun Anda tak pernah bisa memiliki penghasilan sebesar Mick Jagger, namun Anda tetap bisa meningkatkan kualitas hidup dengan tidak membelanjakan uang melebihi pendapatan Anda.

Maksimalkan masa produktif Anda
Band-band rock yang ngetop mendadak, atau menjadi one-hit-wonders (istilah untuk pemusik yang melejit hanya lewat satu lagu hit, lalu menghilang), biasanya tidak memiliki peluang yang lebar untuk menghasilkan lebih banyak uang. Namun Rolling Stones semakin lama justru semakin kaya, apalagi basis penggemar mereka pun bertambah matang (yang artinya juga semakin makmur).

Kebanyakan perjalanan karier seseorang mengikuti cara Rolling Stones ini. Menabunglah sebanyak mungkin saat Anda berada di masa produktif Anda. Usia 22 - 30 tahun adalah masa membangun kekayaan, ketika Anda mungkin belum mempunyai anak. Semakin cepat Anda menabung, semakin banyak tabungan Anda akan berbunga. Atau, jika Anda masih muda dan memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi, tetapi Anda ingin pekerjaan yang lebih santai untuk memberikan lebih banyak waktu untuk mengasuh anak nantinya, maka menabunglah sebanyak mungkin ketika Anda masih bergaji besar. Dengan demikian Anda akan lebih mudah memasuki masa transisi ke pekerjaan yang gajinya lebih rendah, atau menjadi ibu rumah tangga penuh waktu.

Untuk apa pensiun, jika pekerjaan adalah hobi Anda?

Mick Jagger dan kawan-kawannya masih melakukan tur dunia di usia mereka yang memasuki akhir 60-an. Tetapi Anda tahu, hal tersebut tidak lagi mereka lakukan karena mereka butuh uang. Jika Anda ingin bisa bekerja selama mungkin seperti Rolling Stones, pastikan Anda melakukan sesuatu yang Anda cintai, bukan karena tabungan Anda belum mencukupi untuk pensiun.
Mungkin Anda akan mengatakan, band rock tidak bisa dijadikan contoh untuk membahas pentingnya perencanaan keuangan. Namun kemampuan Rolling Stones dalam menghasilkan uang hampir sama tenarnya dengan bagaimana mereka menciptakan musik. Dan, meskipun Anda bukan seniman atau artis seperti Rolling Stones, sebagai karyawan atau wirausahawan pun Anda bisa memelajari prinsip-prinsip yang ditunjukkan kelompok ini




http://www.focus-global.co.cc/
Suka Rolling Stone ? di sini !

Beli yuk ?

 
Top