GuidePedia

0

SUYADI alias Pak Raden mementaskan cerita "Si Unyil" yang melegenda sekaligus memberi warna bagi para pengunjung pada Festival Topeng dan Wayang Internasional "Gunungan" di Bale Pare, Kota Baru parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, 1 Juli 2012 lalu.*

SENIN 28 November 2016 ini, Google doodle menampilkan jejeran boneka Si Unyil dalam rangka memperingati Hari Lahir Suyadi ke-84. Siapa Suyadi?

Drs Suyadi atau biasa dikenal dengan nama Pak Raden adalah pencipta boneka Si Unyil. Suyadi lahir di Puger, Jember pada 28 November 1932 dan telah wafat di RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan 30 Oktober 2015. Ia wafat pada saat usianya menginjak 82 tahun.

Semasa hidup, pria yang dikenal dengan kumis melintangnya ini sempat mengecap pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1952 hingga 1960. Suyadi pun melanjutkan pendidikannya dari ITB ke Prancis untuk belajar animasi pada 1961 hingga 1963.

Sampai di Tanah Air, Suyadi langsung berkutat untuk membuat tayangan Si Unyil. Tayangan yang sarat edukasi itu lalu muncul pertama kali di stasiun televisi TVRI pada April 1981. Bisa dibilang, Si Unyil karya Pak Raden merupakan tayangan edukasi anak yang menghibur dan sarat nilai Indonesia dan tidak akan tergantikan.

Si Unyil adalah serial boneka yang menceritakan tentang seorang anak bernama Unyil yang menceritakan petualangannya bersama teman-temannya. Si Unyil menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari budaya populer Indonesia. Banyak orang yang hafal betul berbagai unsur dalam seri ini. Mulai dari tema lagunya “Hom-pim-pah alaiyum gambreng...”, sampai tokoh-tokohnya seperti Pak Raden dan Pak Ogah yang terkenal dengan kalimat “Cepek dulu dong”.***

Sumber


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?