GuidePedia

0

Wisbenbae.blogspot.com, Jakarta Aktor Gene Wilder, pemeran utama dalam film Willy Wonka and the Chocolate Factory meninggal dunia di usia 83 tahun, pada Senin (30/8/2016) pagi dikediamannya di Stamford, Connecticut, AS. Komplikasi dari penyakit Alzheimer dilaporkan menjadi penyebab kematian pemilik nama asli Jerome Silberman ini.

Selama hidupnya Wilder memiliki aturan komedi yang sederhana yaitu, jangan mencoba untuk membuatnya lucu, coba untuk membuantnya nyata. "Aku adalah aktor, bukan badut," katanya seperti diwartakan New York Times. Wilder mulai terkenal karena kolaborasinya dengan sutradara Mel Brooks.


Film terakhir Gene Wilder, Another You (1991). foto: en.wikipedia.org

Waktu itu, Wilder memerankan Leo Bloom dalam film The Producers (1967). Kemudian, ia ikut berperan dalam film Young Frankenstein dan Blazing Saddles. Brooks menyebut Wilder sebagai salah satu aktor yang bertalenta besar. "Dia memberkati setiap film yang dibintanginya dengan keajaibannya, dan ia memberkati saya dengan persahabatannya," ucap Brooks, seperti dilansir dari Variety.

Nama Wilder lebih dikenal sebagai pengusaha permen misterius dalam film Willy Wonka and The Chocolate Factory. Film yang dirilis pada 1971 itu diadaptasi dari buku karya Roald Dahl dan sempat diadaptasi ulang di tahun 2005 dengan judul Charlie and the Chocolate Factory (dibintangi Johnny Depp). Wilder juga dikenal sebagai aktor serbabisa.

Ia beberapa kali menyutradarai maupun menulis skenario di sejumlah film yang dibintanginya, seperti The Woman in Red dan Young Frankenstein. Di Indonesia, nama Gene Wilder mungkin lebih dikenal melalui dua film komedi The Woman in Red (1984) dan See No Evil, Hear No Evil (1989).


Gene Wilder meninggal diusia 83 tahun. 

Di film yang disebut terakhir, Gene yang berperan sebagai tunarungu bermain bersama komedian Richard Pryor dan meraih sukses. Uniknya, film terakhir Gene Wilder, Another You (1991), juga dibintanginya bersama Richard Pryor. Film tersebut juga menjadi film terakhir Pryor yang meninggal dunia di tahun 2005.

Gene Wilder memang sangat selektif dalam memilih peran. Selama berkiprah di Hollywood sejak 1967 sampai 1991, ia hanya bermain dalam 37 film. Setelah vakum dari dunia film, Gene Wilder lebih sering tampil di televisi, teater dan menekuni profesi lain yaitu sebagai penulis novel dan buku.

Sumber


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?