GuidePedia

0



Setelah sekian lama membuat banyak pihak penasaran kapan Google siap menggabungkan Chrome dengan Android, hal tersebut akhirnya menemui titik terang pada acara konferensi developer I/O 2016 kemarin. Google memastikan bahwa Chromebook bakal memiliki dukungan untuk mengakses layanan Google Play Store, yang artinya tiap laptop Chromebooks bakal bisa menjalankan seluruh aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store.

Dukungan ini bakal dirilis secara bertahap; Google awalnya hanya akan memungkinkan 3 model laptop Chromebooks saja yang bisa mengaksesnya yaitu Asus Chromebook R11, Asus Chromebook Flip, serta Chromebook Pixel (2015) mulai pertengahan Juni 2016. Tak perlu khawatir bakal dilupakan oleh Google, karena raksasa mesin pencarian tersebut berjanji bahwa seluruh produk Chromebooks bakal bisa menikmati akses serupa di akhir 2016, dan hal ini mencakup pada produk-produk Chromebook dengan merk yang sama sekali tak pernah Anda dengar sebelumnya.

Satu hal yang perlu dicatat adalah sekalipun Google memberikan dukungan untuk mengakses aplikasi Android yang ada, namun pengoperasiannya tetap bakal tergantung pada spesifikasi harwdare yang ada di Chromebook. Jadi misal ada aplikasi yang membutuhkan kehadiran kamera belakang untuk menjalankan fungsinya sementara laptop Chromebook Anda tak memilikinya, maka aplikasi tersebut jelas tak bisa Anda jalankan di laptop. Yang melegakan, Google memastikan bahwa dukungan ini bakal kompatibel untuk laptop yang menggunakan prosesor berbasis ARM maupun Intel.

Gara-gara program ini, Google berencana memperkenalkan lebih banyak produk Chromebook kelas premium di akhir tahun. Pengumuman ini idealnya juga membuat para developer lebih sibuk dengan mengembangkan dukungan agar aplikasi mereka bisa dijalankan dengan leluasa di Chromebook.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?