GuidePedia

0

Langit berubah warna menjelang matahari terbenam di Pantai Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur, Jumat (11/9/2015). Pantai Tanjung Papuma berada di pantai selatan Jawa Timur. Pantai Tanjung Papuma terletak sekitar 45 kilometer dari Stasiun Jember (KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo)

Bukit Siti Hinggil adalah satu tempat yang menawarkan pengalaman untuk melihat matahari terbenam dan terbit.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur adalah menikmati matahari tenggelam. Pengunjung dapat menuju Bukit Siti Hinggil yang berada tepat di tanjung. Sebelumnya, pengunjung akan mendaki anak-anak tangga untuk dapat sampai ke puncak bukit. 

Asisten Manager Pemasaran Wisata Tanjung Papuma dan Pulau Merah Perhutani Jawa Timur, Suharno mengatakan bahwa Bukit Siti Hinggil adalah satu tempat yang menawarkan pengalaman untuk melihat matahari terbenam dan terbit. Namun agar dapat tetap aman dan nyaman ketika berada di Puncak Bukit Siti Hinggil, simak panduan berikut.

Perhatikan pengaman jalur

Ketika menuju puncak bukit, pengunjung akan menaiki anak-anak tangga. Pengunjung akan bertemu pepohonan dan ketika menjelang puncak akan terlihat jurang yang dalam. Di sepanjang anak tangga, terdapat pengaman jalur berupa pagar. Tetaplah dalam jalur anak tangga. Hindari melewati pembatas karena berbahaya. 

Jurang terjal di pinggir anak tangga menuju Puncak Bukit Siti Hinggil di Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur, Jumat (11/9/2015). Pantai Tanjung Papuma berada di pantai selatan Jawa Timur. Pantai Tanjung Papuma terletak sekitar 45 kilometer dari Stasiun Jember (KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo)

Waspada terjatuh dari puncak

Ketika berada di Puncak Siti Hinggil, pengunjung akan disuguhkan pemandangan Gunung Kajang dan hamparan pasir putih Tanjung Papuma. Di puncak juga terdapat sebuah pendopo yang dapat digunakan duduk. Beberapa sudut di Puncak Siti Hinggil tak terdapat pengaman berupa pagar. Sementara, di sudut tersebut langsung jurang yang dalam. Tetap waspada jika berada di puncak bukit.

Datang lebih awal

Untuk dapat menikmati matahari terbenam di Tanjung Papuma, jangan datang terlambat. Usahakan datang sebelum pukul 17.00 WIB dan telah tiba di Puncak Bukit Hinggil pada pukul 17.00 WIB. Matahari akan mulai terbenam dan langit akan mulai memerah mulai pukul 17.15 WIB. Jika tak mau ketinggalan moment, segera datang lebih awal. 

Bawa makanan dan minuman

Saat menunggu matahari terbenam, perut bisa saja terasa lapar dan tenggorokan terasa kering. Jangan lupa bawa makanan dan minuman ringan ke Puncak Bukit Siti Hinggil. Di puncak bukit tak ada yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung dapat membeli di toko-toko yang berada di pinggir pantai. Di atas bukit, terdapat tempat sampah. Hindari buang sampah sembarangan.

Pergi ke toilet terlebih dahulu

Sebelum mulai mendaki anak tangga dan menikmati matahari terbenam, ada baiknya pergi ke toilet terlebih dahulu. Di Puncak Bukit Siti Hinggil tak tersedia toilet untuk pengunjung. Toilet terdekat berada di toko-toko milik warga di pinggir pantai. Cukup berikan uang sebesar Rp 1.000 - Rp 2.000 untuk biaya kamar kecil.


(Wahyu Adityo Prodjo/kompas.com)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?