GuidePedia

0

Situs penjualan buku Amazon dihebohkan dengan profil penulis yang buku-bukunya laku keras. Ia adalah seorang penjaja teh di India yang mengalami perjalanan panjang sebagai penulis. Ia juga telah menulis 24 novel berbahasa Hindi dan menerbitkannya sendiri lewat penerbit independen. 

Pria bernama Laxman Rao tersebut setiap hari menjual teh susu manis dan membuka warung teh. Mimpinya menjadi penulis namun nasib membuatnya bekerja secara serabutan. 

Ia pernah mengenyam kuliah sastra Hindi dan mengikuti program master melalui kelas jarak jauh. Selama ini, penerbit-penerbit besar tak ada yang ingin menerbitkannya karena profesinya sebagai pedagang kaki lima. 

"Banyak yang sombong dan saya tak punya uang, karena itu memutuskan menerbitkan buku sendiri," kata Rao, seperti dilansir dari BBC, Rabu (5/8/2015). Awalnya, ia merilis sendiri novelnya di tahun 1979. 

Salah satu novel terlarisnya 'Ramadas' terbit di tahun 1992. Mengisahkan tentang kerumitan hubungan antara guru dan murid ini diceritakan lewat kisah seorang pelajar muda yang tenggelam di dasar sungai. 

Sebanyak 4 ribu eksemplar dan bukunya sudah dicetak tiga kali. Karyanya bukan tanpa prestasi. Penerbit internasional pun memperbincangkannya karena bukunya laku keras dijual di situs Amazon dan Flipkart. 

Rao juga sudah menerima banyak penghargaan dan pengakuan dari mantan Presiden Pratibha Patil. "Buku-buku saya ada di perpustakaan sekolah, kampus, dan universitas di kota ini dan terkadang saya sering diminta mengajar di sekolah dan kampus India," ucapnya.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?