GuidePedia

0
Inilah Masjid Merah di Kota Colombo, Sri Lanka (redmasjid.com)

Colombo - Bangunan masjid dengan arsitektur unik tersebar di berbagai penjuru dunia. Di Kota Colombo, Sri Lanka ada satu masjid unik yang berwarna Merah Putih mencolok ala bendera Indonesia. Kira-kira ada hubungannya dengan Indonesia tidak ya?

Sayangnya, tidak. Dilihat Aing dari situs resminya, Jumat (3/7/2015), masjid ini dicat berwarna belang merah putih tanpa ada alasan khusus. Warna tersebut hanya berfungsi sebagai ornamen penghias masjid, dan tidak lebih. 

Meskipun warna catnya mencolok, namun tidak mengurangi aroma religius yang kental di masjid paling terkenal di Sri Lanka ini. Jika dilihat-lihat lagi, dengan warna seperti itu bangunan ini lebih mirip taman bermain anak daripada sebuah masjid.

Warna merah putih yang mencolok justru membuat masjid ini menarik untuk dikunjungi wisatawan. Tak kurang ribuan traveler muslim datang ke Masjid Merah setiap tahunnya. Masjid megah dengan bangunan ala kastil Inggris ini langsung menjadi ikon pariwisata Kota Kolombo yang sayang untuk dilewatkan oleh turis. 

Dari segi arsitektur, Masjid Merah punya menara masjid yang berjumlah 14 buah. 2 diantaranya berukuran sedang, sisanya memiliki ukuran yang lebih kecil. Interior masjid pun dihiasi tiang-tiang dengan ornamen kaligrafi yang indah. 

Satu fakta unik tentang masjid ini, yaitu punya banyak nama. Nama asli masjid ini sebenarnya adalah Masjid Jamiul Alfar. Namun dalam bahasa Tamil, Masjid Merah disebut sebagai Samman Kottu Palli. Sedangkan dalam bahasa Sinhala disebut Rathu Palliya. Umat muslim Sri Lanka memang didominasi oleh 2 etnis itu, Tamil dan Sinhala.

Masjid Merah pertama kali dibangun pada tahun 1908, dengan kapasitas sekitar 1.500 orang. Namun, seiring dengan bertambahnya jumlah jamaah, pada tahun 1975 area masjid akhirnya direnovasi dan diperluas sehingga mampu menampung sekitar 5.000 orang.

Walaupun sudah diperluas, area masjid masih tetap tidak bisa menampung jamaah yang membeludak. Jika tiba saatnya Sholat Jumat, ratusan jamaah bisa luber sampai sholat hingga ke jalanan Kota Colombo yang terkenal padat kendaraan. Jadi, jangan heran melihat pemandangan tersebut bila berkunjung ke masjid ini saat salat Jumat ya traveler.

Mumpung masih bulan Ramadan, traveler yang ingin berkunjung ke Masjid Merah Putih ini bisa menuju ke alamat Second Cross Street No.228, Kolombo, Sri Lanka. Letaknya ada di area bisnis Pettah yang cukup padat di Kolombo, persis di persimpangan jalan.

Traveler bisa merasakan sensasi beribadah di Masjid Merah Putih ala Indonesia yang berada di Ibukota Sri Lanka ini. Tertarik? 

Interior bagian dalam masjid (Facebook)

Jamaah tumpah ke jalan saat Salat Jumat (redmasjid.com)

Penampakan luar masjid yang indah (exploresrilanka.lk)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?